Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Indahnya Kerukunan Umat Beragama

Kompas.com - 03/05/2022, 11:29 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PADA Selasa, 2 Mei 2022, sebagai Hari Raya Idul Fitri 1443 H, umat Islam menunaikan ibadah shalat Id di Masjid Istiqlal Jakarta. Sebagian umat Islam berduyun-duyun datang ke Masjid Istiqlal dengan mengendarai sepeda motor.

Sebenarnya lahan parkir Masjid Istiqlal cukup luas tetapi tidak cukup luas untuk menampung begitu banyak sepeda motor para umat yang menunaikan shalat Id di Masjid Istiqlal. Maka Gereja Katedral Jakarta yang terletak bertetangga dengan Masjid Istiqlal menyediakan halaman Katedral Jakarta sebagai lahan parkir tambahan bagi para umat yang menunaikan shalat Id di Masjid Istiqlal.

Secara terbuka melalui teknologi komunikasi dan informasi online pada pagi hari 2 Mei 2022, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, menyampaikan ucapan Selamat Lebaran.

Baca juga: Indahnya Kerukunan Umat Beragama di Jakarta

“Saya Kardinal Ignatius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta ingin mengucapkan selamat Idul Fitri Tahun 1443 Hijriah kepada saudara-saudariku umat Muslim di Indonesia. Semoga kemuliaan dan kesucian Idul Fitri menebarkan berkah bagi seluruh bangsa. Mohon maaf lahir dan batin. Sekali lagi selamat Idul Fitri,”

Humas Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susyana Suwadie melengkapi ucapan Selamat Lebaran Kardinal Ignatius Suharyo dengan memberikan keterangan pers.

“Suasana area parkir halaman Gereja Katedral Jakarta pada Senin 2 Mei 2022 mulai pukul 04.30 WIB mulai terisi dengan kedatangan saudara-saudara yang akan melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal yang membawa kendaraan roda dua. Kami senantiasa mendukung kelancaran shalat Id bagi umat Muslim di Masjid Istiqlal,” demikian keterangan pers KAJ.

Sebagai umat bukan Islam maupun Katolik tetapi sebagai warga Indonesia, dengan penuh kerendahan hati saya memohon maaf kepada para pendukung gerakan memecah-belah bangsa Indonesia bahwa saya tidak mampu menahan rasa terharu menyelinap ke dalam lubuk sanubari ketika saya menyimak ucapan Selamat Lebaran oleh Kardinal Ignatius Suharyo serta penjelasan Humas KAJ tentang tradisi Gereja Katedral Jakarta senantiasa mendukung kelancaran shalat Id bagi umat Muslim di Masjid Istiqlal.

Untuk ke sekian kali kembali terbukti betapa indah kerukunan umat beragama di Indonesia yang telah diangkat sebagai suri teladan kerukunan umat beragama oleh masyarakat dunia masa kini.

Andai tangan tak sempat berjabat,
Andai raga tak bisa bersua,
Andai ada kata membekas luka,
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com