Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Provinsi Jadi Jangkauan Pertamina Delivery Service, Layanan Antar BBM

Kompas.com - 30/04/2022, 19:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertamina membuat sejumlah program layanan tambahan di momen mudik Lebaran 2022 ini, salah satunya adalah program Pertamina Delivery Service (PDS).

Jadi, masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) tidak lagi harus mendatangi SPBU Pertamina untuk mendapatkannya.

Misalnya ketika tengah melintasi daerah yang rawan macet dan kehabisan bensin, konsumen bisa memesan dan menunggu untuk kemudian BBM diantarkan ke lokasi oleh petugas dengan moda motor atau yang disebut sebagai motorist.

Untuk PDS ini terdapat 339 unit motorist yang dioperasionalkan.

Berdasarkan informasi di laman My Pertamina, ada sejumlah ketentuan yang berlaku untuk mengakses lauanan Pertamina Delivery Service ini, berikut adalah rinciannya:

  • Hanya untuk BBM Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite
  • Pesan antar melalui telepon 135
  • Pemesanan minimal 10 L dan Maksimal 20L (kelipatan 10L)
  • Motorist beroperasi pada pukul 06.00-18.00 (jalur nontol) dan pukul 06.00-22.00 (jalur tol)

Baca juga: Alasan di Balik Pencatatan Pelat Nomor Kendaraan Saat Isi BBM di SPBU

Cara pesan

Seperti disebutkan sebelumnya, layanan PDS hanya akan diberikan jika konsumen melakukan pemesanan melalui nomor 135.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Hubungi 135 dan berikan informasi yang terdiri dari titik lokasi, jenis BBM yang diinginkan, jumlah kebutuhan BBM, jenis dan warna kendaraan, serta plat nomor kendaraan.

2. Pihak 135 akan menginformasikan estimasi waktu pengiriman 1-2 jam dan sejumlah informasi lain terkait ketentuan pemesanan dan pelayanan.

3. Pihak 135 akan mengonfirmasi pesanan yang masuk hingga pesanan diterima oleh Person In Charge (PIC) SPBU dan PIC tersebut akan mengonfirmasi apakah konsumen tersebut dapat dilayani atau tidak.

4. Apabila dapat dilayani, motorist akan menghubungi konsumen via Whatsapp bahwa BBM akan dikirim dan menginformasikan total biaya yang harus dibayar.

Dalam tahap ini, konsumen bisa mengirimkan tautan berisi lokasi terkini (share location) melalui WhatsApp kepada motorist untuk memudahkan pengiriman.

Total biaya yang harus dibayarkan adalah seharga produk BBM yang dibeli dan tidak ada ongkos kirim. Pembayaran dapat dilakukan melalui MyPertamina, bisa juga secara tunai di tempat.

5. Apabila tidak dapat dilayani, misalnya dikarenakan di luar area pelayanan, maka tim 135 akan mengarahkan konsumen untuk menuju SPBU terdekat.

Baca juga: Ramai soal Bang Jago Aniaya Petugas SPBU di Cikarang Selatan, Pertamina: Sudah Dilaporkan Polisi

Daerah pelayanan

Pada dasarnya, layanan-layanan tambahan yang digagas oleh Pertamina ini diberlakukan di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com