Kompas.com - 29/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan, Hari raya Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim.

Sebagaimana diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M atau lebaran jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Hal itu sesuai maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Sementara itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru akan melaksanakan sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1443 H pada 1 Mei 2022 mendatang.

Untuk menyambut hari kemenangan, ini link twibbon, kata-kata, dan ucapan selamat Lebaran 2022, termasuk sejarah asal usul mengapa Idul Fitri kerap disebut Lebaran:

Baca juga: 50 Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan Cara Membuatnya

Sejarah penggunaan istilah Lebaran

Dilansir Kompas.com, 13 Mei 2021, menurut pengamat bahasa Indonesia Ivan Lanin, belum ada sumber otentik tertulis terkait asal kata Lebaran dan kapan kata itu mulai dipakai.

"Yang jelas, kata itu tidak dikenal dalam bahasa Arab dan bukan berasal dari bahasa itu," kata Ivan.

Namun, beberapa sumber tersier menuliskan, kata itu kemungkinan berasal dari bahasa daerah.

Dia menjelaskan ada 4 bahasa daerah yang disebut menjadi asal kata Lebaran, yaitu bahasa Jawa "lebar" (selesai), bahasa Sunda "lebar" (melimpah), bahasa Betawi "lebar" (luas), dan bahasa Madura "lober" (tuntas).

Lanjutnya, dalam tulisan sastrawan Sunda Mas Ace Salmun Raksadikaria, kata Lebaran bahkan disebut berasal dari tradisi Hindu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.