[POPULER TREN] Kemenag Tetapkan Puasa Belakangan tapi Ada Kemungkinan Lebaran Bersama | Update Kondisi Gunung Anak Krakatau

Kompas.com - 27/04/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Kemenag memutuskan puasa belakangan namun memiliki kemungkinan Lebaran bersamaan dengan Muhammadiyah, menjadi artikel paling banyak dibaca di laman Tren sepanjang Selasa (26/4/2022).

Perbedaan jumlah hari puasa menjadi pertanyaan yang dipertanyakan banyak orang. Di mana Kemenag kemungkinan akan berpuasa selama 29 hari saja, sedangkan Muhammadiyah berpuasa selama 30 hari.

Itulah sebabnya, artikel ini menjadi berita populer di laman Tren.

Selain artikel soal puasa, artikel soal kondisi Gunung Anak Krakatau juga masuk dalam berita populer Tren.

Berikut ini berita populer laman Tren sepanjang Selasa (26/4/2022):

1. Kemenag tetapkan puasa belakangan namun lebaran bersamaan

Pimpinan pusat Muhammadiyah telat menetapkan 1 Syawal jatuh pada 2 Mei 2022. Sedangkan Kemenag, juga disinyalir bakalan menetapkan 1 Syawal di tanggal yang sama.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru akan memutuskan waktu perayaan Idul Fitri di sidang isbat yang dilaksanakan pada Minggu (1/5/2022) petang.

Meski begitu, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat sudah memenuhi kriteria MABIMS, yakni tinggi hilal minimal harus 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Jika saat pengamatan atau rukyat hilal nanti benar demikian, maka Idul Fitri 1443 H akan dilaksanakan secara serentak pada Senin, 2 Mei 2022.

Artinya, Muhammadiyah menjalankan puasa selama 30 hari, sedangkan Kemenag atau pemerintah hanya berpuasa selama 29 hari. 

Mengenai bagaimana perbedaan ini bisa terjadi dan apa dasarnya, bisa dibaca di artikel berikut:

Kemenag Tetapkan Puasa Belakangan tapi Ada Kemungkinan Lebaran Bersamaan, Bagaimana Bisa?

 Pemerintah kemungkinan menetapkan Lebaran jatuh pada tanggal yang sama dengan Muhammadiyah yakni Senin, 2 Mei 2022.Dandy Bayu Bramasta Pemerintah kemungkinan menetapkan Lebaran jatuh pada tanggal yang sama dengan Muhammadiyah yakni Senin, 2 Mei 2022.

2. Penjelasan Polresta Bogor soal tilang 2,2 juta

Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kapolresta Bogor Kota, memberikan penjelasan terkait unggahan warganet yang viral yang mengaku ditilang polisi di Bogor, Jawa Barat, sebesar Rp 2,2 juta.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.