Apa Dampak jika Pertalite, Solar, Elpiji, dan Listrik Naik? Ini Kata Ekonom

Kompas.com - 15/04/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah berencana menaikkan tarif listrik, harga elpiji 3 kg, Pertalite dan Solar.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada acara Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (13/4/2022).

Dikutip dari kompas.com (13/4/2022), rencana kenaikan beberapa komoditas tersebut merupakan strategi pemerintah untuk menghadapi kenaikan harga minyak dunia.

Nantinya pemerintah akan melakukan langkah-langkah jangka pendek dan jangka panjang dalam mengurangi tekanan APBD dan menjaga inflasi ekonomi.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Arifin mengungkapkan bahwa pemerintah akan menjaga ketersediaan pasokan dan distribusi BBM khususnya pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Lantas, apa dampaknya jika pemerintah menaikkan tarif listrik, harga elpiji 3 kg, Pertalite dan Solar?

Baca juga: Ramai soal Harga Pertalite dan Solar Disebut Akan Naik, Ini Kata Pertamina

Terjadinya inflasi

Ekonom Universitas Gadjah Mada Eddy Junarsin mengatakan kenaikan tarif listrik, harga elpiji 3 kg, Pertalite dan Solar akan mengakibatkan inflasi.

Hal ini berbeda dengan dengan kenaikan BBM jenis Pertamax yang sebelumya sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

"Kemarin menaikkan Pertamax tidak mempengaruhi inflasi, karena Pertamax dipakai pemiliki kendaraan yang relatif punya kemampuan bayar," katanya ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Akan tetapi jika tarif listrik, harga elpiji 3 kg, Pertalite dan Solar yang mengalami kenaikan maka dipastikan harga barang secara umum juga akan mengalami kenaikan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.