Kompas.com - 13/04/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah Perguruan Tinggi mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023 melalui jalur seleksi mandiri.

Seleksi mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Sebelumnya, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah membuka pendaftaran pada Rabu (23/3/2022). Disusul dengan pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Selasa (29/4/2022).

Berbeda dengan seleksi mandiri, SNMPTN dan SBMPTN ini digelar oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Diponegoro (Undip) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi mandiri.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar UTBK-SBMPTN, Ditutup 15 April 2022

Seleksi mandiri UI (Simak UI)

Dilansir dari laman Simak-Ui, seleksi mandiri UI yang lebih dikenal dengan Seleksi Masuk UI (Simak UI) merupakan ujian seleksi terpadu bagi para siswa yang ingin berkuliah di UI.

Simak UI ini diselenggarakan langsung oleh UI. Adapun program pendidikan yang dibuka melalui jalur Simak UI adalah program vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

Berikut jadwal pendaftaran Simak UI berdasarkan program pendidikannya:

1. Program vokasi

Pendaftaran Simak UI untuk program vokasi meliputi jenjang pendidikan Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4).

Program D3 dan D4 merupakan program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan dengan keahlian dan keterampilan tertentu. Lulusan program ini juga siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.