Kompas.com - 11/04/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa besar-besaran hari ini, Senin (11/4/2022).

Adapun aksi demo mahasiswa ini dimulai pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, informasi mengenai aksi demo ini sudah diunggah melalui media sosial Instagram BEM SI pada Minggu (10/4/2022) malam.

"[GERUDUK RUMAH RAKYAT]

Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi masa yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/11 April 2022
Pukul : 10.00-Menang
Lokasi : DPR RI"

Begitu keterangan dalam unggahan di akun Instagram @bem_si.

Lalu, apa saja hal yang perlu diketahu soal aksi demo mahasiswa 11 April 2022 ini?

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas dan Perubahan Jadwal KA Demo BEM SI Hari Ini

1. Ditargetkan ada 1.000 orang

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (10/4/2022), BEM SI menargetkan ada 1.000 orang dari 18 kampus, yakni UNJ, PNJ, IT-PLN, STIE SEBI, STIE Dharma Agung, STIS Al Wafa, IAI Tazkia, AKA Bogor, UNRI, Unand, Unram, PPNP, Undip, UNS, UNY, Unsoed, SSG dan STIEPER.

Adapun penyelenggaraan aksi demo mahasiswa ini bukan untuk menuntut Presiden Jokowi mundur dari kursi presiden.

Koordinator Pusat Aliansi BEN SI Kaharuddin mengatakan, aksi mahasiswa ini sebagai pengawas dan pengontrol kebijakan pemerintah.

"Di sini kami bukan untuk menggulingkan (Jokowi), kami tegas bahwa mahasiswa berdiri tegak sebagai oposisi, sebagai pengawas dan pengontrol kebijakan pemerintah, karena hari ini oposisi itu lemah," kata Koordinator BEM SI Kaharuddin.

Kemudian, mereka juga bertujuan menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait dengan berbagai permasalahan yang ada.

Baca juga: Seputar Demo BEM SI Hari Ini di DPR dan 4 Tuntutannya

Lebih dari 1.400 personel disiagakan untuk mengawal aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR Republik Indonesia, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (11/4/2022). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Lebih dari 1.400 personel disiagakan untuk mengawal aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR Republik Indonesia, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (11/4/2022).

2. Pindah lokasi

Dikutip dari Kompas.com, Senin (11/4/2022), BEM SI sempat mengubah lokasi atau titik aksi demonstrasi 11 April 2022.

Awalnya, aksi bakal digelar di kawasan Patung Kuda menuju Istana Kepresidenan, Jakarta. Namun, kemudian aksi tersebut bergeser ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yusrizal, menyampaikan, alasan berpindahnya titik demonstrasi karena para mahasiswa ingin menuntut anggota DPR agar taat terhadap konstitusi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.