Kompas.com - 29/03/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Kapan dimulainya puasa Ramadhan 2022 diketahui setelah pengamatan hilal dan Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kemenag RI. 

Meskipun ormas Islam Muhammadiyah telah lebih dulu mengumumkan bahwa awal puasa atau bulan Ramadhan 2022 adalah 2 April 2022. 

Pengumuman awal puasa bulan Ramadhan 2022 tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/1.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah.

PP Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa awal puasa bulan Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022.

Baca juga: Puasa Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 2022

Sementara itu kapan Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan dari Kemenag RI?

Jadwal Sidang Isbat 2022

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah pada Jumat (1/4/2022) petang.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Seperti diketahui, pada Jumat (1/4/2022) bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.

Nantinya, Sidang Isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Kemudian, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Baca juga: Kapan Sidang Isbat Ramadhan 2022?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.