Kompas.com - 27/03/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Tiga studi baru-baru ini menemukan, minum kopi setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Ini merupakan penelitian yang terbesar untuk melihat peran potensial kopi dalam penyakit jantung dan kematian, dikutip dari Prevention.

Menurut peneliti, minum 2-3 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit jantung dan irama jantung yang berbahaya.

Selain itu, minum kopi ternyata dapat juga meningkatkan umur panjang.

Data tersebut diambil dari UK BioBank, basis data informasi kesehatan berskala besar yang mencakup lebih dari setengah juta orang selama setidaknya periode 10 tahun.

Tim kemudian membandingkan berapa banyak kopi yang diminum orang, mulai dari satu cangkir hingga lebih dari enam cangkir sehari, serta hubungannya dengan masalah irama jantung, penyakit kardiovaskular, kematian total dan terkait jantung.

Penting untuk dicatat, penelitian tidak menyesuaikan faktor makanan yang mungkin juga berperan dalam kesehatan jantung atau jika peserta minum kopi mereka dengan krim atau gula tambahan.

Baca juga: 5 Kopi Paling Mahal di Dunia, Nomor Dua dari Indonesia

Studi pertama

Dalam studi pertama, peneliti memeriksa data dari 382.535 peserta tanpa penyakit jantung yang diketahui.

Usia rata-rata peserta adalah 57 tahun dan penelitian ini menampilkan jumlah pria dan wanita yang genap.

Penelitian menemukan, dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan manfaat terbesar, sekitar 10 sampai 15 persen risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, gagal jantung, masalah irama jantung, atau kematian karena alasan apa pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.