Kompas.com - 24/03/2022, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang akan digelar Oktober-November 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva pada Rabu (23/3/2022).

“Tergantung banyak hal, termasuk situasi Covid-19 yang semakin membaik. Tapi sejauh ini niatnya datang,” katanya, dilansir dari Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: 5 Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi Indonesia, Apa Saja?

Seperti yang diketahui, Amerika Serikat (AS) dan sekutu saat ini dalam posisi mendukung Ukraina atas invasi Rusia.

Sebagai bentuk dukungan, mereka berbondong-bondong menjatuhkan sanksi untuk mengucilkan Rusia dari perekonomian global termasuk rencana mengeluarkan dari G20.

“Tidak hanya G20, banyak organisasi berusaha untuk mengeluarkan Rusia. Reaksi barat benar-benar tidak proporsional,” ujar Vorobieva, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Kenapa Rusia dan Ukraina Perang?

China sebut Rusia anggota penting

Visualisasi tujuh klaster negara-negara Anggota G20 berdasarkan analisis atas lima indeks global dengan indeks persepsi korupsi sebagai penguji.KUDU INSIGHT/NURVIRTA MONARIZQA/PALUPI ANNISA AULIANI Visualisasi tujuh klaster negara-negara Anggota G20 berdasarkan analisis atas lima indeks global dengan indeks persepsi korupsi sebagai penguji.

Mengomentari seruan pengusiran Rusia dari forum G20, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menggambarkan Rusia sebagai anggota penting G20 yang tidak bisa diusir.

“G20 adalah forum utama untuk kerja sama ekonomi internasional. Rusia adalah anggota penting, dan tidak ada anggota yang berhak mengusir negara lain,” ucapnya, seperti dikutip Kompas.com (23/3/2022).

Sebelumnya, pemimpin Rusia dan China telah menyatakan hubungan “tanpa batas” saat kunjungan Putin ke Beijing untuk menyemarakkan Olimpiade Musim Dingin 2022 Februari lalu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.