Kompas.com - 24/03/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Usia senja identik dengan penurunan berbagai fungsi kognitif akibat dari proses penuaan.

Mulai dari daya ingat yang menurun, kecepatan dan kesigapan tubuh yang berkurang, hingga terdera berbagai penyakit penuaan seperti radang sendi, reumatik, hingga pikun atau demensia. 

Namun ternyata, segala problema lansia tersebut hampir tidak ada yang menghampiri Prof. Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si, atau yang biasa kita sapa Kak Seto

Menginjak usia 71 tahun di 2022 ini, Kak Seto masih terlihat bugar dan sehat. Pria kelahiran 28 Agustus 1951 itu bahkan masih sering mengunggah videonya yang tengah berolahraga high impact di akun Instagram pribadinya.

Apa rahasia kebugaran Kak Seto? Dalam menjaga stamina dan kesehatannya, Kak Seto konsisten dalam menjaga pola makan dan olahraga rutin. 

Begini cara sehat ala Kak Seto:

Baca juga: Jawab Rasa Penasaran Warganet, Ini Penjelasan Kak Seto soal Rambutnya

Pola makan plant based

Dilansir dari siaran langsung Instagram Unlimited Talks Indonesia @Unik_oke, Senin (21 Maret 2022), Kak Seto mengaku menemu bugar justru di usia tua. Di waktu muda, ia ternyata sering sakit-sakitan.

Di satu titik balik hidupnya, Kak Seto mengubah prinsip hidupnya, "Kita harus menjadi tuan rumah untuk diri sendiri", begitu ujar laki-laki yang mempopulerkan Si Komo di tahun 1990-an ini.

Ketua LPAI ini pun mengubah dua prinsip dasar dari hidupnya, yaitu pola makan dan pola hidup yaitu dengan rajin berolahraga.

Untuk pola makan, metode plant based adalah yang ia terapkan. Total sejak tahun 2011, ia mengubah gaya hidupnya menjadi vegetarian. Di tahap ini, meski menolak daging namun ia masih mengonsumsi susu dan telur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.