Kompas.com - 21/03/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Keriput adalah efek penuaan yang tak bisa dihindari oleh siapapun. Meski begitu, keriput bisa dicegah agar tak datang terlalu cepat.

Upaya pencegahan keriput ini bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang sehat dan menerapkan kebiasaan sehari-hari yang bisa menyehatkan kulit.

Menerapkan rutinitas harian tertentu bisa mencegah keriput datang lebih cepat, juga mengurangi efek keparahan dari keriput yang datang.

Dilansir dari She Finds, salah satu upaya mencegah keriput adalah dengan mengaplikasikan pelembab juga tabir surya secara rutin setiap hari.

Dan pengaplikasian ini, bisa dilakukan rutin setiap pagi agar Anda mendapatkan manfaat yang optimal.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari yang Mengundang Keriput

Apa saja rutinitas harian yang bisa mengurangi keriput?

1. Mengaplikasikan vitamin C rutin 

Dr Michele Koo, ahli bedah kecantikan, menyatakan bahwa perawatan wajah di pagi hari sebaiknya tak hanya mengaplikasikan pelembab dan tabir surya saja, melainkan juga menambahkan serum vitamin C.

Ilustrasi serum vitamin C Ilustrasi serum vitamin C
Vitamin C bermanfaat ganda. Selain memberikan kelembaban, vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi garis-garis halus pada wajah dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

"Cari vitamin C yang mengandung hyaluronic acid yang bisa meminimalisir efek keriput. Aplikasikan setelah Anda membersihkan wajah dan menggunakan toner," ujar Koo.

Perpaduan pemakaian vitamin C, krim pembersih wajah dan pelembab yang sesuai jenis kulit, adalah awal yang baik untuk melindungi wajah dari radikal bebas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.