Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Pulau dan Membangun Negara Sendiri, Ini Kisah Crazy Rich Karibia

Kompas.com - 12/03/2022, 15:45 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi orang berduit, memiliki pulau pribadi merupakan sebuah konsep yang sangat istimewa.

Nah hal itulah yang dilakukan oleh sekelompok investor yang diprakarsai oleh Marshall Mayer dan Gareth Johnson.

Mereka membeli pulau di kawasan Kepulauan Karibia, kemudian menyulap pulau kecil tersebut menjadi habitat mereka pribadi. Lebih tepatnya, menjadi negara ala mereka sendiri.

Dilansir dari Indiatimes, dua orang pendiri Let's Buy An Island, Gareth Johnson dan Marshall Mayer, memberikan contoh kepada orang lain bahwa membeli pulau untuk kemudian didiami bersama adalah hal yang mungkin.

Proyek itu dimulai ketika kedua orang tesebut pada tahun 2018 meluncurkan kampanye crowdfunding dan mengumpulkan dana melalui investor.

Dana yang terkumpul sebesar 250.000 dollar Amerika (sekitar 3.5 miliar rupiah) kemudian digunakan untuk membeli pulau yang tak berpenghuni di Kepulauan Karibia.

Mereka bertujuan untuk membangun kawasan pariwisata dan membiarkan orang menjalani fantasi pulau pribadi meraka sendiri di pulau kecil tersebut.

Baca juga: The Lost Pirate Kingdom, Dokumenter Kehidupan Bajak Laut Karibia

Pulau Coffee Caye

Dilansir terpisah dari CNN, pada 2019 Mayer bersama investor berhasil merealisasikan pembelian Pulau Coffee Caye seluas 1,2 hektar di lepas pantai Belize pada tahun 2019.

Para investor kemudian menata ulang pulau tersebut, mendirikan negara dengan nama "Kerajaan Islandia" atau "Principality of Islandia".

Kerajaan Islandia yang merupakan negara mikro terbaru di dunia ini tentu saja belum diakui secara resmi atau secara internasional. Namun, mereka sudah memiliki bendera nasional, lagu kebangsaan, dan bentuk pemerintahan sendiri.

Di awal tahun 2022 ini, Mayer memimpin tur perdana ke Coffee Caye saat sekelompok investor tertarik untuk mengunjungi pulau pertama di dunia yang didanai oleh crowdfunding tersebut.

"Bayangkan perasaan melangkah ke pulau yang telah Anda investasikan, dan miliki," kata Mayer

"Itu perasaan yang luar biasa," lanjutnya.

Pulau Coffee Caye sendiri tak luas. Berbentuk panjang, tipis dan samar-samar seperti biji kopi, yang memiliki dua sisi berbeda.

Satu sisi pulau berada di atas tanah terbuka dan menghadap pantai kecil yang mengarah ke teluk dangkal, yang bisa digunakan untuk berkemah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com