Kompas.com - 22/02/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah tengah menyiapkan skenario transisi pandemi ke endemi.

Pernyataan tersebut Luhut sampaikan pada konferensi pers evaluasi PPKM (Senin, 21/2/2022), merespons beberapa negara yang sudah mulai pelonggaran pandemi menuju endemi, seperti Inggris, Denmark, Singapura.

“Usulan konsep, kriteria, dan indikator pandemi ke endemi dari waktu ke waktu, masih akan terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya,” katanya dikutip dari Kompas.com.

Transisi dari pandemi ke endemi, imbuh Luhut, harus memenuhi target tingkat vaksinasi lengkap dan booster, terutama bagi masyarakat lanjut usia (lansia).

Lalu, apa itu endemi? Bagaimana roadmap hidup bersama Covid-19?

Baca juga: Negara Lain Deklarasi Pandemi Berakhir, Epidemiolog: Indonesia Jangan Ikut-ikutan

Apa itu endemi?

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC, endemi adalah penyakit yang menjangkit suatu daerah atau populasi masyarakat tertentu.

Kemunculan suatu penyakit dapat dikatakan sebagai endemi, jika terjadi secara konsisten dan memang biasa terjadi di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Artinya, penyakit endemi akan selalu ada di wilayah tertentu dan hidup berdampingan bersama masyarakat.

Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Baca juga: Apa yang Berubah dalam Hidup Kita jika Covid-19 Jadi Endemi?

Pandemi menuju endemi

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan suatu penyakit ke dalam kategori pandemi saat penyakit tersebut menyebar cepat dan menyerang penduduk dunia, seperti Covid-19.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.