Kompas.com - 21/02/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Kucing sudah menjadi hewan domestik sejak ribuan tahun yang lalu, melintasi abad demi abad.

Awal mula kucing dipelihara manusia adalah untuk membantu manusia dalam memerangi hama seperti tikus yang suka menyerang perkebunan, ladang juga lumbung.

Diberitakan Kompas.com (26/09/2021), kira-kira 10.000 tahun yang lalu, kucing mulai diambil tangan-tangan manusia dan diletakkan di rumah-rumah untuk hidup berdampingan dengan manusia. 

Kucing liar yang awalnya penyendiri dan tak mengeong, menjadi hidup berdampingan dengan manusia dan mulai menunjukkan perubahan perilaku, seperti mulai mengeluarkan suara mengeong yang dilakukan guna berkomunikasi dengan manusia.

Dari masa ke masa, kucing dekat dengan kehidupan manusia. Bahkan di Mesir, kucing dipuja juga dihormati layaknya dewa.

Hingga kini kucing masih menjadi kesayangan manusia. Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga dipercaya bisa menyehatkan tubuh manusia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC, mengeluarkan pernyataan bahwa kucing mungkin tak bisa mencegah kanker dan Covid-19, namun kucing bisa menurunkan tingkat stres manusia yang tengah mengarungi sulitnya masa pandemi.

Baca juga: Mengapa Flu pada Kucing Susah Sembuh? Ini Penjelasannya

Manfaat memelihara kucing secara ilmiah

Dilansir dari Southern Living, CDC menyatakan bahwa kucing baik bagi kesehatan manusia.

Memelihara kucing bisa meningkatkan kesehatan mental, mengusir kesepian, mengurangi stres, dan mendatangkan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Apa saja manfaat memelihara kucing? Berikut ini kata penelitian ilmiah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.