Kompas.com - 12/02/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Apa saja mitos dan fakta terkait varian Omicron yang berbedar di masyarakat? Virus corona varian Omicron telah tedeteksi di Indonesia sejak pertengahan Desember 2021 dan menyebar sangat cepat. 

Varian Omicron disebutkan memicu naiknya kasus infeksi dan gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. 

Berikut ini 5 mitos dan fakta terkait varian Omicron dikutip dari instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Virus Corona Varian Omicron

1. Gejala yang ditimbulkan

Mitos: Omicron hanya timbulkan gejala ringan

Fakta: Meskipun varian Omicron menyebar lebih cepat, gejala Omicron tidak separah Delta. Tapi bagi lansia, orang dengan komorbid, dan orang yang belum divaksinasi, varian Omicron tetap berpotensi kematian.

Penjelasan: WHO dalam penjelasannya terkait update on Omicron mengatakan seluruh varian corona, termasuk Omicron, dapat menyebabkan keparahan bahkan kematian.

Dampak keparahan dan kematian ini khususnya akan mudah terjadi pada kelompok rentan. Karena itu upaya pencegahan penting untuk dilakukan.

Dikutip dari CDC, gejala yang muncul apakah ringan, sedang, atau berat dipengaruhi oleh status vaksinasi seseorang. Selain itu, kondisi kesehatan, usia, dan riwayat infeksi sebelumnya juga turut berperan.

2. Efektivitas vaksin

Mitos: Vaksin tak mempan lumpuhkan Omicron

Fakta: Vaksin menjadi proteksi terbaik melawan Omicron. Data menunjukkan 60 persen pasien Omicron yang meninggal dunia belum pernah divaksinasi.

Penjelasan: WHO menegaskan vaksin tetap penting sebagai upaya pencegahan.

Vaksin dapat menekan risiko penyakit parah dan kematian.

Hingga saat ini, vaksin masih terbukti efektif untuk mencegah pasien infeksi mengalami kondisi parah dan menjadi langkah terbaik untuk dilakukan.

Seseorang yang sudah divaksinasi memiliki peluang lebih kecil untuk terkena kondisi berat jika terinfeksi dibandingkan mereka yang belum divaksinasi.

Baca juga: Catat, Jenis dan Dosis Vaksin Booster yang Bisa Didapatkan Masyarakat

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.