Kompas.com - 29/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang tak bisa tidur dengan lampu yang menyala terang dan suara yang berisik, namun beberapa orang lagi menghidupkan televisi beberapa menit sebelum waktu tidur dan berhasil ketiduran hingga pulas di depan televisi yang masih menyala.

Ketiduran di depan televisi sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita, tua maupun muda.

Meski terlihat sekilas televisi tak mengganggu waktu tidur karena nyatanya mereka bisa tertidur pulas, namun benarkah tak ada bahaya dari ketiduran di depan televisi ini?

Menurut beberapa pakar kesehatan, ada plus minus tidur di depan televisi. Kenali plus minus ini agar kualitas istirahat Anda tak terganggu dan kesehatan bisa terjaga.

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Bahayanya Tidur Terlalu Lama

Plus minus tidur di depan televisi

Melansir Lifehacker suara televisi memang bisa menjadi lagu nina bobok, lagu pengantar tidur.

Ilmuwan mengatakan bahwa tayangan televisi favorit bisa digunakan mengalihkan pikiran yang terlalu tegang, mereduksi stres dan memegang kontrol diri kembali.

Ketika stres dan ketegangan mereda, maka sensasi kantuk pun akan datang dan Anda bisa tidur dengan segera.

Namun, ada pula sisi minus dari ketiduran di depan televisi. Mengutip dari Healthline, ada 4 risiko ketika Anda memutuskan tidur di depan televisi. Risiko tersebut adalah:

1. Memiliki kualitas tidur yang buruk

Tidur di depan televisi bisa menurunkan kualitas tidur kita.Unsplash/Adrian Swancar Tidur di depan televisi bisa menurunkan kualitas tidur kita.
Dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam. Ketika kurang dari itu, maka tubuh akan mengalami hutang tidur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.