Efek Nikotin Bisa Mengendap hingga Tiga Generasi, Begini Penjelasannya

Kompas.com - 29/01/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Temuan terbaru dari para ilmuwan menyatakan bahwa efek nikotin dari tembakau atau rokok bisa mengendap hingga tiga bahkan empat generasi.

Jadi dalam tubuh seorang cucu dari seorang kakek yang perokok aktif, bisa ditemukan endapan nikotin hasil "warisan" keluarganya.

Dalam studi terbaru tersebut dinyatakan bahwa endapan nikotin bisa bertahan bertahun-tahun hingga melintas beberapa dekade. 

Melansir Science Alert, warisan nikotin ini bisa diturunkan pada beberapa generasi tanpa terdeteksi dengan jelas.

Baca juga: Mengapa Bertambah Gendut Setelah Berhenti Merokok?

Dasar penelitian soal warisan nikotin

Di tahun 2014, Jean Golding dari Universitas Bristol di Inggris, melakukan penelitian dengan beberapa ilmuwan lain dengan mengalkulasi data dari Children of 90's Study.

Penelitian ini mencermati kondisi wanita hamil dan sejarah di dalam keluarganya. Pengamatan Golding ini sudah dimulai sejak awal 1990-an.

Ilustrasi rokokShutterstock Ilustrasi rokok
Dari penelitian panjang tersebut, di tahun 2014 Golding mendapatkan fakta bahwa anak-anak yang memiliki ayah seorang perokok aktif di mana sang ayah mulai merokok sebelum menginjak usia 11 tahun, memiliki body mass index atau BMI jauh lebih tinggi di masa remajanya ketimbang anak yang memiliki ayah bukan seorang perokok.

Level BMI tinggi ini diikuti dengan peningkatan lingkar pinggang dan juga massa lemak tubuh yang bisa menuju obesitas.

Hal ini atau fakta ini, dikategorikan Golding dan rekan-rekannya sebagai faktor non genetik yang bisa menurun lintas generasi.

Baca juga: Jangan Merokok di Dalam Rumah, Nikotin Bisa Membunuh Tanaman Indoor  

Dalam data yang didapat dari penelitian panjang sejak tahun 1990-an tersebut juga didapatkan fakta bahwa warisan ini tak hanya bisa menurun dari ayah ke anak saja.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.