Kesalahan dalam Mengolah Telur, Bisa Merusak Sajian dan Mengganggu Program Diet

Kompas.com - 29/01/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Telur adalah bahan pangan penuh nutrisi yang sering disajikan sebagai menu sarapan atau makan pagi.

Telur yang kaya gizi ini adalah bahan pangan istimewa, karena bisa diolah menjadi sajian apa saja. Mulai dari diolah secara sederhana dengan digoreng atau direbus, hingga dicampurkan ke dalam adonan roti menjadi kudapan mengggugah selera.

Namun meskipun telur mudah diolah, bukan berarti pengolahan telur bebas dari cela.

Ada beberapa kesalahan dalam mengolah telur yang bisa membuat sajian jadi kurang sempurna, juga membuat nutrisi tak bisa terserap maksimal.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam mengolah telur yang sebaiknya Anda hindari:

Baca juga: Menolak Kuning Telur? Ini Kerugian yang Akan Didapatkan

1. Menggoreng telur yang baru keluar dari lemari pendingin

Melansir Tasting Table, suhu atau temperatur telur sebelum digoreng haruslah berada dalam suhu ruang, alias tidak terlalu dingin karena penyimpanan di lemari pendingin.

Setelah keluar dari lemari pendingin, letakkan dulu telur dalam suhu ruang sebelum akhirnya diolah di atas api.Unsplash/Tengyart Setelah keluar dari lemari pendingin, letakkan dulu telur dalam suhu ruang sebelum akhirnya diolah di atas api.
Jadi jika akan mengolah telur, keluarkan dulu telur dari lemari pendingin dan diamkan selama beberapa menit di meja dapur hingga suhunya naik mengikuti suhu ruang.

Telur yang memiliki suhu ruang, akan sempurna jika diolah menjadi olahan telur mata sapi. Permukaan telur akan matang, tanpa menunggu bagian bawahnya kering atau gosong.

Jika Anda menggoreng telur ketika telur masih dalam keadaan dingin, maka telur tak akan rata matangnya. Ketika putih telur masih menuju matang, kuning telur sudah dalam kondisi matang maksimal.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Telur Orak-arik atau Telur Rebus?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.