Kompas.com - 28/01/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Pada akhir 2021, ancaman manusia kehilangan pekerjaan karena tergantikan oleh robot menjadi perhatian.

Salah satunya ketika pemerintah mengumumkan akan menggantikan beberapa posisi yang diisi manusia atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan robot.

Meski Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan lebih pintar dan lebih efisien daripada manusia, namun ada pekerjaan-pekerjaan yang tidak akan pernah tergantikan oleh robot karena berbagai keterbatasannya.

Berikut 12 pekerjaan yang tidak akan tergantikan oleh robot, dilansir dari Medium, 4 Januari 2020:

Baca juga: Cara Menyeimbangkan Gaya Hidup dan Pekerjaan ala Milenial

1. Manager Sumber Daya Manusia

AI atau robot pada dasarnya dapat membantu mencocokkan kandidat pekerjaan dengan pekerjaan tertentu, menginterpretasikan bagaimana kandidat dapat bekerja dan mengambil keputusan.

Tetapi dalam beberapa kasus, seorang pelamar bisa saja hanya terlihat hebat "di atas kertas". Dalam hal ini, AI tidak bisa membantu memilih kandidat yang tepat.

Sangat sulit untuk mengotomatisasi manajemen dan pengembangan manusia.

Jadi manajer sumber daya manusia harus memiliki keterampilan interpersonal dan penalaran yang baik untuk memahami sesama manusia lebih baik serta berpikir di out of the box.

Oleh karena itu, manajer sumber daya manusia harus dikerjakan oleh manusia.

Baca juga: Viral, Unggahan PNS Bakal Digantikan Robot, Ini Penjelasan BKN

2. Analis Sistem Komputer

Analis sistem komputer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan komputer tapi paling tidak terancam oleh AI.

Faktanya, semakin ekonomi masyarakat bergantung pada otomatisasi, ada permintaan untuk analis sistem komputer yang dapat menerapkan dan mengelola sistem tersebut.

Analis sistem komputer harus bekerja sama dengan orang lain untuk meninjau kemampuan sistem komputer, alur kerja, batasan penjadwalan, meninjau kemampuan sistem komputer, meningkatkan atau mengotomatisasi sistem yang ada, menganalisis masalah, membuat prosedur, dan membuat persyaratan user.

Jadi itu akan membuat robot hampir tidak mungkin melakukannya.

Baca juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi Michael Page

3. Guru

Meski sudah ada sejumlah alat peraga canggih yang tersedia di sekolah dan perguruan tinggi, tapi peran guru sangatlah penting.

Mereka adalah manusia sejati dengan nilai-nilai yang menanamkan rasa memiliki dan memastikan bahwa kebijaksanaan diajarkan.

Semua memiliki akses ke berbagai ilmu pengetahuan, akan tetapi kebijaksanaan adalah yang paling sulit diperoleh.

Lebih mudah untuk mengasimilasi pengetahuan ketika seseorang mengajar dan manusia cenderung membutuhkan seseorang untuk memberikan instruksi dan menjawab pertanyaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.