Kompas.com - 26/01/2022, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya lapisan lemak yang melekat pada bayi yang baru lahir, viral di media sosial pada Selasa (25/1/2022).

Lapisan lemak itu disebut sebagai Vernix caseosa.

"Pernah liat lapisan lemak yang menyelubungi bayi baru lahir? Jangan langsung dibersihkan ya, itu vernix caseosa, lapisan biofilm canggih yang mampu menjaga hidrasi, pH, dan benteng infeksi di hari2 pertama kehidupan. Ada yang bisa nebak saya mau bahas apa di #utasanak kali ini?" ujar akun Twitter @sdenta.

Ia juga membubuhkan foto yang memperlihatkan vernix caseosa pada tubuh bayi.

Hingga Rabu (26/1/2022), twit itu sudah diretwit sebanyak 9.268 kali dan disukai sebanyak 39.500 kali oleh pengguna twitter lainnya.

Baca juga: Peran Penting Bidan Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Lalu, apa itu vernix caseosa dan apa saja manfaatnya?

Penjelasan dokter

Pengunggah sekaligus dokter spesialis anak di Mayapada Hospital Kuningan, dr Kuniawan Satria Denta, M.Sc, SpA mengatakan bahwa vernix caseosa adalah lapisan biofirm yang melindungi bayi ketika beradaptasi dengan dunia di luar rahim ketika lahir.

"Lapisan biofirm tersebut fungsinya untuk tameng tambahan sementara bayi dalam proses adaptasi dari lingkungan rahim yang cairan semua, ke dunia bebas yang sekelilingnya kering," ujar Denta kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Sementara itu, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, Jakarta Selatan, dr Wawang Sukarya mengatakatan mengenai proses terbentuknya lapisan lemak atau vernix caseosa pada kulit bayi.

Awalnya, pada janin dalam kandungan sekitar umur 20 mingguan, pada kulit sementara janin (periderm) ada lapisan vernix yang dapat bertahan sampai bayi lahir.

"Lapisan kulit sementara tersebut akan terkelupas bercampur lemak dari kelenjar keringat dan terbentuk vernix caseosa," ujar Wawang saat dihubungi terpisah oleh Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Secara visual atau yang dapat dilihat, lapisan ini berwarna putih dan tebal, seperti keju dan bisa berada pada seluruh tubuh bayi.

Ia mengatakan, vernix caseosa sebagaian besar terdiri dari air, dan sebagian kecil lainnya adalah lemak dan protein yang ada sejak dalam kandungan sampai lahir.

Baca juga: Kenali Beda Gumoh dan Muntah pada Bayi, Pahami agar Tak Keliru

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.