Soal Indeks Literasi Digital, Mengapa Jawa Kalah dengan Daerah Lain?

Kompas.com - 25/01/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Indeks Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyajikan hasil yang patut disoroti. 

Dari 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa, hanya satu yang menempati 10 besar skor Indeks Literasi Digital di Indonesia 2021, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara hanya 3 provinsi yang mendapat skor literasi digital di atas rata-rata nasional yaitu DIY (3,71), Jawa Timur (3,55), dan DKI Jakarta (3,51).

Bahkan untuk Provinsi Banten, menempati empat posisi terbawa skor literasi digital 2021 dengan 3,37.

Sebagai informasi, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mendapatkan skor 3,49 atau pada level "sedang".

Daftra peringkat provinsi dengan Indeks Literasi Digital 2021Rizal Setyo Nugroho/Kompas.com Daftra peringkat provinsi dengan Indeks Literasi Digital 2021

Baca juga: 10 Daerah dengan Tingkat Literasi Digital Tertinggi 2021, DIY Nomor 1

Variabel penilaian

Pengukuran indeks ini menggunakan empat variabel, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Menanggapi indeks itu, pakar budaya dan komunikasi digital Universitas Indonesia (UI) Firman Kurniawan mengatakan, laporan ini perlu mendapat perhatian serius.

Terlebih, tingginya populasi penduduk di Jawa bisa mencerminkan tingkat digital nasional.

Menurutnya, perlu adanya penelitian valid untuk memastikan kesenjangan ini. Sebab, Jawa merupakan pusat ekonomi, pendidikan, dan juga adopsi teknologi.

"Sangat perlu adanya penelitian yang valid untuk memastikan, mengapa Jawa yang pada kenyataaannya sebagai pusat ekonomi, pendidikan dan juga adopsi teknologi, justru rata rata Indeks Literasi Digital-nya lebih rendah dibanding wilayah luar Jawa," kata Firman kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Baca juga: 7 Fakta Menara Saidah, Kosong sejak 2007 hingga Viral Disebut Angker

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.