Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengendalikan Kulit Kering di Basahnya Musim Hujan

Kompas.com - 24/01/2022, 13:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kulit kering justru lebih sering terjadi ketika datang musim hujan yang basah.

Hujan memang bisa mengendalikan hawa panas. Namun, hujan juga bisa mengundang kelembapan yang bisa memicu gangguan pada kulit.

Naiknya kelembapan pada lingkungan karena curah hujan bisa mengundang jerawat, ruam, kulit bersisik dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana caranya merawat kulit di sela-sela musim hujan? Melansir dari Healthshots, kita harus lebih jeli merawat kulit dan mengatur waktu mandi di tengah-tengah musim hujan.

Berikut ini langkah-langkah merawat kulit kering di musim hujan:

Baca juga: Prediksi BMKG soal Kapan Puncak dan Akhir Musim Hujan

1. Jangan lupakan sunscreen

Cuaca mendung bukan berarti kulit tak perlu dilindungi sunscreen. Karena meski mendung, sinar ultraviolet matahari tetap bisa menembus awan dan mencederai kulit kita.

Jadi selalu aplikasikan sunscreen 20 menit sebelum Anda beraktivitas di luar rumah. Pilih sunscreen yang berbentuk gel, yang mudah terserap kulit.

2. Basuh dan cuci wajah rutin setiap hari

Cuci wajah dengan rutin di musim penghujan, karena kelembaban tinggi bisa memicu kuman berkembang biak lebih banyak di permukaan kulit.PEXELS/RON LACH Cuci wajah dengan rutin di musim penghujan, karena kelembaban tinggi bisa memicu kuman berkembang biak lebih banyak di permukaan kulit.
Cuaca yang dingin dan lembap juga bukan lantas tak ada debu yang menempel pada wajah. Justru cuaca yang basah karena hujan bisa membuat debu, sel kulit mati dan minyak menempel lebih banyak di wajah karena didukung suhu yang lembap.

Jadi pada musim hujan, tetap cuci wajah rutin dua kali sehari. Mencuci wajah bisa mengusir jamur, mencegah produksi minyak berlebih, dan mencegah pori-pori terbuka lebih lebar.

Baca juga: Merawat Kulit dengan Bawang Putih, Begini Caranya

3. Scrub kulit dengan rutin

Cuaca lembap bisa memicu bakteri dan kuman bersarang di permukaan kulit sehingga memicu iritasi jerawat dan berbagai gangguan kulit lainnya.

Agar bakteri tak mengendap di permukaan kulit, scrub wajah secara teratur dengan produk yang sesuai jenis kulit.

4. Aplikasikan pelembap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com