Kompas.com - 24/01/2022, 06:00 WIB
Ilustrasi lantai vinyl, lantai vinil, pemasangan lantai vinyl. SHUTTERSTOCK/PALATINATE STOCKIlustrasi lantai vinyl, lantai vinil, pemasangan lantai vinyl.

KOMPAS.com - Sebagian orang memilih alas lantai vinyl karena memberi kesan "back to nature" dan lebih estetik.

Lantai vinyl adalah jenis lantai berbahan dasar sintetis yang banyak digunakan karena tampilannya mewah dan harganya terjangkau.

Vinyl tersedia dalam jenis ubin (papan) atau lembaran.

Agar tampilan rumah sesuai dengan yang diharapkan, penting untuk memperhatikan apa saja tips memilih vinyl sebelum memasangnya di lantai rumah Anda.

Baca juga: Bukan Horor, Ini Alasan Rumah Era Kolonial Belanda Terasa Lebih Dingin

Tips memilih vinyl untuk lantai rumah

Arsitek dari SAIA Architecture, Ariko Andikabina mengatakan, tips awal dalam memilih vinyl yakni sesuaikan dengan budget atau anggaran yang dimiliki.

"Kalau vynil sesuaikan budget saja. Aplikasinya juga relatif mudah, ada yang ditambahkan perekat, ada yang tidak perlu ditambahkan perekat," ujar Ariko saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/1/2022).

Menurutnya, yang perlu diperhatikan baik vinyl lembaran atau tile adalah saat vinylnya memiliki urat atau serat, maka sesuaikan arah serat dengan desain.

Selain itu, pemilik rumah juga perlu untuk memastikan lantai yang akan dipasang vinyl dalam permukaan rata.

"Untuk ketebalan vinyl sesuai kebutuhan saja, ukuran yang banyak di pasaran ya 5 mm sudah cukup, karena lebih tebal dari 5 mm tidak terlalu pengaruh juga," lanjut dia.

Jika vinyl dengan ketebalan kurang dari 5 mm biasanya akan terasa nyaman jika lantai alasnya tidak rata. Karena itu, penting untuk meratakan lantai alas.

Ariko menjelaskan, jika Anda cenderung mudah berganti-ganti selera atau ingin mengganti vinyl yang sudah terpasang bisa menggunakan vinyl yang tidak butuh perekat.

Sebab, vinyl yang ada perekatnya agak sulit untuk dibersihkan ketika dikelupas.

Baca juga: 8 Fakta Unik Seputar Lidah Manusia, Apa Saja?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.