Kompas.com - 23/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Selain tempat sampah, bagian dapur yang juga bisa menjadi sumber kuman adalah area tempat mencuci piring alias bak pencucian piring.

Di area ini, bahan makanan mentah seperti sayuran, daging dan ikan dicuci dan dibersihkan. Di tempat ini pula, limbah dapur akan dibuang dan dibilas demi menjaga kebersihan perkakas masak dan meja makan.

Jika tak dibersihkan dengan cara yang tepat, bak pencucian piring dan saluran pembuangan air yang ada di bawahnya akan menjadi sumber kuman.

Dan kuman dan bakteri yang ada di sana, mulai dari E. coli hingga salmonella, bisa berpindah dengan mudah ke perkakas dapur yang kita gunakan.

Perpindahan kuman di area dapur bisa dengan mudah terjadi jika kita tak menjaga kebersihan di tiap jengkal sudutnya.

Baca juga: Mencuci Buah dan Sayur, Haruskah Menggunakan Sabun?

Cara mendisinfektan bak pencucian piring

Untuk mendisinfektan bak pencucian piring agar perkakas dapur dan makan senantiasa bebas dari kuman, kita bisa menggunakan baking soda.

Ilustrasi baking soda atau soda kue untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah. FREPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah.
Melansir dari Real Living, untuk mendisinfektan area dapur ini campurkan saja segelas air bersih dengan 1/4 gelas baking soda, aduk rata. 

Jika ingin mengharumkan area bak pencucian piring, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran baking soda. Bisa minyak esensial aroma citrus, lavender, atau kopi.

Setelah larutan diaduk rata, tuangkan dan ratakan ke permukaan bak pencucian piring. Lantas diamkan dulu selama beberapa menit. 

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak mendiamkan dulu larutan, namun langsung menggosok permukaan bak dan membilasnya. Dengan cara ini, larutan tak akan bekerja maksimal.

Baca juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Berkebun

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.