Kompas.com - 23/01/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Ada makanan-makanan yang bisa meningkatkan sistem imun, namun ada pula makanan yang justru bisa melemahkan sistem imun. 

Di tengah ancaman varian baru Covid-19 Omicron, sistem imun harus terus dijaga agar tubuh kuat dalam menyerang berbagai virus yang masuk.

Menjaga sistem imun tak hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mendongkrak sistem imun dan minum berbagai suplemen saja.

Untuk menjaga sistem imun, sebaiknya kita juga membatasi beberapa jenis makanan yang sudah terbukti melemahkan sistem imun.

Berikut ini makanan-makanan yang melemahkan sistem imun dan harus dibatasi pengonsumsiannya selama pandemi:

Baca juga: Omicron Mengganas di Indonesia, 1.161 Kasus Terdeteksi, 2 Meninggal

1. Minuman soda 

Zat gula dalam minuman soda bisa melemahkan sistem imun.Unsplash/Tina Vanhove Zat gula dalam minuman soda bisa melemahkan sistem imun.
Minuman soda dingin adalah pilihan yang menggiurkan di tengah hari. Namun minuman menyegarkan ini bisa menekan sistem imun.

Melansir dari Times of India, soda mengandung gula tinggi namun tak mengandung kalori. Dalam artian, minuman ini tak mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh sama sekali.

Mengonsumsi soda terlalu sering atau terlalu banyak tak hanya memicu obesitas dan perut buncit, namun juga bisa menekan dan melemahkan sistem imun.

2. Gorengan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.