Jangan Disakiti, Binatang-binatang Ini Bisa Menyimpan Dendam

Kompas.com - 23/01/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Ada perdebatan di kalangan peneliti satwa mengenai apakah binatang bisa menyimpan dendam ataukah tidak.

Namun beberapa ilmuwan meyakini bahwa binatang juga bisa menyimpan emosi negatif seperti kemarahan dan dendam mengingat binatang pun bisa menyimpan emosi positif dalam hubungannya dengan manusia. 

Sebuah penelitian yang dilakukan berulang kali mendapatkan kesimpulan bahwa burung gagak bisa menyimpan dendam. Bahkan burung gagak bisa menceritakan dendamnya ini kepada populasi di habitatnya.

Selain burung gagak, ada pula beberapa jenis binatang lain yang juga bisa menyimpan sakit hati dan dendam.

Baca juga: Begini Cara Binatang Mengendus Datangnya Bencana Alam

Binatang-binatang yang menyimpan dendam

Melansir dari berbagai sumber, inilah binatang-binatang yang sudah diteliti bisa menyimpan dendam dalam ingatannya:

1. Burung gagak

Melansir Evening Standard, studi tahun 2011 menyibak fakta bahwa burung gagak bisa mengingat wajah manusia yang pernah menangkap, mengurungnya dan mungkin juga menyakitinya.

Burung gagak.SHUTTERSTOCK Burung gagak.
Penelitian lain yang diterbitkan di jurnal Animal Behaviour menyatakan bahwa burung gagak dan spesies sejenisnya bisa menyimpan dendam selama dua tahun lamanya.

Sedangkan peneliti Universitas Lund di Swedia dan Universitas Vienna mencermati perilaku burung gagak yang diberi makan oleh dua grup manusia, yaitu pelatih atau pawang yang memberi makan dengan adil dan pawang yang memberi makan secara tak adil.

Pawang yang tak adil akan menyodorkan remahan roti kepada burung gagak. Di kali kedua, pawang tersebut akan memakan sendiri remahan rotinya ketimbang memberikannya kepada burung gagak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.