Kompas.com - 23/01/2022, 07:30 WIB
Nasi goreng sempurna dibuat dari nasi yang bertekstur pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kering. Unsplash/Pixzolo PhotographyNasi goreng sempurna dibuat dari nasi yang bertekstur pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kering.

KOMPAS.com - Nasi goreng adalah menu makan pagi andalan masyarakat Indonesia. Selain karena mudah diolah, nasi goreng beserta lauk-pauknya juga bisa memberi nutrisi yang cukup bagi kebutuhan tubuh.

Meski mudah diolah, namun tetap saja olahan rumahan terkadang kurang istimewa dibanding olahan chef restoran dan hotel berbintang.

Padahal lauk yang digunakan sudah persis sama, begitu juga bumbu-bumbu rempah yang ditaburkan.

Apa yang membedakan?

Untuk mendapatkan sepiring nasi goreng yang sempurna, ternyata ada beberapa tips masak khusus. Berikut ini adalah tips mengolah nasi goreng ala chef restoran:

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Makan Pagi, Salah Satunya Bisa Menyebabkan Obesitas

1. Gunakan beras yang tepat

Pilih beras yang paling pas untuk diolah menjadi nasi goreng. FREEPIK/JCOMP Pilih beras yang paling pas untuk diolah menjadi nasi goreng.
Nasi goreng yang sempurna bertekstur pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu garing atau kering.

Untuk mendapatkan tekstur yang pas ini Anda harus menggunakan beras yang tepat dan diolah dengan cara yang benar pula.

Melansir dari Serious Eats, pilihlah beras yang ketika dimasak bulir nasinya bisa terpisah satu sama lain alias tak lengket, namun juga masih bisa menempel alias tak terlalu kering sehingga bisa diambil menggunakan sumpit.

 2. Gunakan nasi sisa kemarin

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.