Apa Itu Nocebo, Benarkah Efek Samping Vaksin Covid-19 Dipicu Sugesti?

Kompas.com - 21/01/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan lebih dari dua pertiga dari semua efek samping Covid-19 "merugikan" dikaitkan dengan "efek nocebo."

Efek samping vaksin Covid-19 yang dilaporkan terkait nocebo seperti sakit kepala dan kelelahan, setelah dosis pertama vaksin Covid-19. 

Apa itu efek nocebo?

Menurut Painscale, efek nocebo melibatkan gejala yang memburuk atau perkembangan efek samping negatif setelah pengobatan plasebo.

Efek nocebo juga dapat terjadi setelah perawatan medis asli, namun gejalanya sebenarnya tidak disebabkan oleh pengobatan atau hanya sugesti

Gejala paling umum yang terkait dengan efek nocebo adalah kantuk, sakit kepala, dan mual.

Baca juga: Bagaimana Cara Beli Minyak Goreng Murah di Indomaret?

76 persen alami efek nocebo

Menurut studi terbaru oleh para peneliti di BIDMC, efek nocebo menyumbang 76 persen dari "semua efek samping" yang dilaporkan di antara mereka yang menerima dosis vaksin Covid-19 pertama dan hampir 52 persen dari efek samping tersebut dilaporkan setelah dosis kedua.

Studi yang diterbitkan pada 18 Januari 2022 di Journal of the American Medical Association (JAMA), menganalisis data dari 12 uji klinis vaksin COVID-19, yang mengumpulkan laporan tentang efek samping yang merugikan dari 22.578 penerima plasebo dan 22.802 penerima vaksin. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 35 persen penerima plasebo melaporkan "efek samping sistemik", yang merupakan gejala yang mempengaruhi seluruh tubuh, seperti demam, setelah suntikan pertama.

Sakit kepala dan kelelahan adalah efek samping sistemik yang paling umum dilaporkan oleh penerima plasebo setelah injeksi pertama, masing-masing sebesar 19,6 persen dan 16,7 persen, menurut penelitian.

Kejadian sistemik yang dilaporkan di antara kelompok plasebo turun menjadi 32 persen setelah injeksi kedua, kata laporan BIDMC.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Umumkan Hasil Akhir CPNS 2021, Segera Cek!

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.