Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Berbohong untuk Alasan Tak Penting? Begini Penjelasan Psikolog

Kompas.com - 20/01/2022, 14:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Orang berbohong dengan banyak alasan, mulai dari menutupi kesalahan, takut lawan bicara tersakiti, atau untuk mengontrol situasi.

Namun, beberapa orang lagi terus berbohong meski sebenarnya tak memiliki alasan yang jelas di belakangnya.

Seringnya orang ini tak habis melakukan kesalahan, tak tengah memiliki aib, dan tak tengah menyakiti atau berpotensi menyinggung pihak lain. Mereka berbohong tanpa alasan yang bisa dimaklumkan oleh banyak orang.

Beberapa orang ini terlihat berbohong hanya seperti sekedar hobi, dilakukan begitu saja tanpa butuh penegasan alasan.

Baca juga: Hobi Menyadap Ponsel Pasangan Ternyata Berbahaya, Ini Kata Psikolog

Alasan orang berbohong

Tak mengatakan kejujuran alias berbohong sudah melekat dalam keseharian hampir semua orang. Keahlian atau kemampuan berbohong bahkan sudah melekat sejak kita masih kecil, masih anak-anak.

Ilustrasi berbohong.SHUTTERSTOCK Ilustrasi berbohong.
Melansir dari Everyday Health, orang berbohong dengan begitu banyak alasan.

Seringnya, orang berbohong untuk pertahanan diri, dengan tujuan menghindari konflik atau pertengkaran karena orang tersebut baru saja melakukan sesuatu yang bisa memicu kemarahan atau kecewa pihak lain.

Alasan terbanyak kedua adalah, orang akan berbohong demi menutupi sebuah rahasia yang tak ingin dibaginya dengan pihak lain.

Alasan ketiga, yang terlihat sedikit lebih mulia, adalah berbohong demi menjaga perasaan orang lain.

Berbohong tipe white lies ini biasanya bukan didasari kesalahan atau perbuatan menyakiti pihak lain, namun sekedar menutupi fakta agar perasaan orang lain tak tersinggung.

Ketika seseorang tak memiliki rahasia dan tak memiliki kesalahan atau sesuatu yang bisa berpotensi memicu kemarahan orang lain tapi mereka tetap saja mengeluarkan kebohongan, bisa jadi ada beberapa masalah ada dalam dirinya.

Baca juga: Kesepian Bisa Membunuhmu

Mengapa orang hobi berbohong

Menurut Danti Wulan Manunggal, Psi, ketika orang berbohong tanpa alasan yang jelas, bisa jadi mereka didasari lima poin berikut ini. Yaitu:

  • Berbohong untuk mendapatkan pujian atau divalidasi orang lain.
  • Berbohong karena tidak mau menerima hukuman atau konsekuensi.
  • Berbohong karena tidak mendapatkan penghargaan atau tidak dianggap oleh orang lain.
  • Berbohong karena tidak mau dan tidak mampu untuk beradu argumentasi dengan orang lain lantaran beda pendapat atau prinsip.
  • Berbohong karena memang orang tersebut tipe manipulatif.

"Seseorang yang manipulatif, akan sering berbohong demi mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri," begitu papar associate psikolog Ibunda.id tersebut kepada Kompas.com, Kamis (20/01/2022) pagi.

Tipe manipulatif ini adalah kepribadian, di mana ketika mereka memiliki kekuasaan atau kekuatan, maka dorongan manipulatif ini akan semakin kuat dan besar.

Mengutip dari Psychology Today, orang yang hobi berbohong akan merasa kontrol dirinya terenggut ketika harus menyatakan kebenaran.

Dengan berbohong, mereka merasa memiliki kekuatan karena bisa mengontrol situasi dan reaksi dari orang di sekelilingnya.

Ketika dilakukan terus menerus dan mendapatkan kepuasan karena merasa punya kekuatan, orang ini akan terus terbiasa berbohong, menjadikannya sebuah kebiasaan yang lumrah.

Baca juga: Hati-hati, Silent Treatment Justru Bisa Merusak Hubungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com