Kompas.com - 20/01/2022, 09:00 WIB
Brunch biasa dilakukan di kalangan kantoran, sebagai ajang isi energi sekaligus bertemu rekan kerja. Unsplash/Colin MichelBrunch biasa dilakukan di kalangan kantoran, sebagai ajang isi energi sekaligus bertemu rekan kerja.

KOMPAS.com - Brunch adalah gabungan breakfast dan lunch, yaitu menggabungkan makan pagi dan makan siang menjadi satu dan dilakukan di waktu menjelang tengah hari.

Biasanya brunch dilakukan sekitar pukul 9 hingga 11 siang. Menu yang digunakan adalah menu-menu yang tak terlalu ringan, juga tak terlalu berat.

"Ritual" brunch menjadi tren tersendiri. Di kalangan kantoran, brunch digunakan sebagai ajang mengisi energi sekaligus bertemu klien atau rekan kerja.

Karena menjadi populer, banyak kafe dan resto yang akhirnya menambahkan daftar menu brunch ke dalam buku menunya.

Apakah brunch baik bagi kesehatan? Apakah brunch tak merusak program penurunan berat badan?

Baca juga: Untuk Sarapan, Ini Tips Merebus Susu agar Tak Pecah dan Meluap

Efek brunch bagi tubuh

Mansi Belani, ahli gizi dari India, menjelaskan bahwa menu brunch adalah gabungan dari menu sarapan dan menu makan siang. 

"Menu brunch terdiri dari beberapa sajian khas sarapan dan beberapa sajian khas makan siang," begitu ujar Belani seperti dikutip dari India Times

Brunch sendiri berawal dari keengganan banyak orang untuk makan pagi. Bisa karena alasan susah bangun pagi atau tak ada cukup banyak waktu untuk duduk di meja makan di pagi hari.

Brunch bisa berpotensi menambah berat badan.Unsplash/Erick Palacio Brunch bisa berpotensi menambah berat badan.
Belani tak menyarankan siapapun untuk rutin melakukan brunch, karena efeknya bisa berpengaruh ke jarum timbangan.

"Mereka yang merutinkan brunch biasa mendapati tubuhnya naik beberapa kilogram. Makan menjelang tengah hari dalam kondisi perut kosong hanya akan membuat tubuh mengonsumsi terlalu banyak sajian, sehingga bisa menumpuk kalori terlalu banyak," jelas Belani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.