Kompas.com - 19/01/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang percaya kuning telur mengandung kolesterol tinggi yang bisa membahayakan tubuh. 

Jadi ketika ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk massa otot, mereka memilih mengonsumsi telur tanpa bagian kuningnya. 

Tren mengonsumsi putih telur ini banyak beredar di kalangan penghobi fitness, yang memang memiliki tujuan membentuk badan dengan menguatkan massa otot dan menyusut lemak.

Apakah langkah ini bijak dilakukan? Apakah meninggalkan kuning telur sehat bagi tubuh?

Baca juga: Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh jika Kita Berhenti Makan Daging

Kandungan kuning telur

Melansir Times of India, ketika kita meninggalkan kuning telur, tubuh akan kehilangan beberapa nutrisi istimewa yang dibutuhkan oleh sistem metabolisme.

Dalam satu telur utuh terdapat vitamin A, D, E, K, dan enam jenis vitamin B. Selain itu telur juga mengandung berbagai macam mineral seperti zat besi, kalsium, phosphorus, zinc dan folat.

Ilustrasi kuning telur.www.designboom.com Ilustrasi kuning telur.
Berbagai kandungan nutrisi itu banyak tersebar di bagian kuning telur. Putih telur hanya mengandung protein dan sedikit dari bagian vitamin dan mineral.

Jadi ketika kita hanya mengonsumsi putih telur saja, kita akan kehilangan separuh lebih dari kandungan nutrisi istimewa dari sebutir telur.

Banyak orang meninggalkan kuning telur karena bagian ini dianggap memiliki kandungan kolesterol, lemak dan sodium dalam takaran tinggi.

Padahal jika kita mengonsumsi telur dalam takaran normal alias tidak berlebihan, kita tak perlu mengkhawatirkan takaran kolesterol dan lemak yang ada pada kuning telur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.