Kompas.com - 19/01/2022, 08:30 WIB
Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta. Youtube Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta.

KOMPAS.com – Rencana penggunaan nama Nusantara sebagai ibu kota baru di Kalimantan Timur mendapat beragam reaksi di tengah masyarakat.

Pro kontra pun bermunculan dengan pemilihan nama Nusantara itu.

Hal itu terlihat dari ramainya warganet di media sosial yang turut memberikan pendapat perihal pemilihan ibu kota baru Nusantara tersebut.

Baca juga: Di Balik Alasan Nama Ibu Kota Baru Nusantara dan Artinya...

Berikut di antaranya:

“Mempersatukan NKRI... jadi ya satu itu Nusantara nama yg tepat dan feel nya kuat,” tulis akun @Sekarjayanti07.

“Saya kira #Nusantara istilah yg komplit untuk menggambarkan kultur sejarah dan semangat berdirinya Republik ini. Dan istilah itu telah diputuskan oleh Presiden Jokowi untuk dikukuhkan menjadi nama IKN Indonesia yg baru,” ujar akun @Deje_Vendra

Namun tak sedikit netizen yang tidak setuju dengan pemberian nama Nusantara tersebut.

“Tidak setuju dengan Nama Nusantara bukan berarti kadrun ya gaes, cuma sayang aja nama seagung nusantara, simbol keutuhan wilayah Indonesia dr sabang sampai merauke kedepan akan mengalami penyempitan makna dan hanya akan mewakili ibu kota negara (kawasan tertentu saja),” tulis akun @dot_id_.

“Kurang sreg dgn nama ibu kota baru di Kalimantan disebut "Nusantara" pak
@jokowi.. Entah apa yg melatarbelakangi njenengan memberi nama begitu. Mbok bapak disanjangi @gibran_tweet @kaesangp sebutan Nusantara sdh elok buat Indonesia keseluruhan. Bukan nama ibukota,” tulis akun @dikaguzana.

Baca juga: Tentang Ibu Kota Baru Nusantara dan 8 Hal yang Ditawarkan, Salah Satunya Nol Persen Kemiskinan pada 2035

Lantas sudah tepatkah pemberian nama Nusantara tersebut?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.