Hubungan AS-Rusia Memanas, Begini Perbandingan Militer Keduanya

Kompas.com - 18/01/2022, 08:34 WIB

KOMPAS.com - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Rusia belakangan disebut sedang memanas. Pasalnya, pembicaraan antara Rusia, AS, dan sekutu Eropanya mengenai krisis Ukarina menemui jalan buntu.

Bagi AS, NATO, serta sekutu Eropa lainnya, menarik mundur 100.000 tentara Rusia dari perbatasan Ukraina adalah satu-satunya pertanda bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin punya niat untuk bernegosiasi dengan iktikad baik.

Sementara Rusia mengeklaim, tak ada niatan untuk menyerang Ukraina meski telah mengerahkan pasukannya di wilayah perbatasan.

Selain itu, Rusia menyebut penolakan mutlak Barat untuk mempertimbangkan larangan ekspansi NATO ke bekas wilayah Uni Soviet dan penarikan pasukan NATO dari Eropa Timur adalah bukti ketidakjujuran pihak Barat.

Kondisi ini diperumit oleh fakta bahwa baik Putin maupun Presiden Joe Biden tidak ingin terlihat terdesak mundur di depan publik domestik atau asing.

Baca juga: Melihat Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan Amerika

Kekuatan militer AS vs Rusia

Seperti diketahui, kedua negara ini memiliki barisan militer terkuat dunia dengan alutsista canggih.

Menurut laporan Military Balance 2021 yang dirilis oleh International Institute for Strategic Studies (IISS), dikutip dari Forces, kekuatan militer AS masih di atas dari Rusia dari berbagai sisi.

Dari sisi anggaran (2020), AS mengalokasikan dana sebesar 738 miliar dollar AS, sementara Rusia 60,6 miliar dollar AS.

Secara total, Rusia memiliki 2,9 juta personel, dengan rincian 900.000 personel aktif dan 2 juta personel cadangan.

Sementara AS memiliki total 2.233.050 personel, dengan rincian 1.388.100 personel aktif dan 844.950 personel cadangan.

Baca juga: Deretan 5 Tank Tempur Terkuat di Dunia

Kekuatan udara

Awak pesawat tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai pesawat EP-3E Ares dari Angkatan Udara AS dan mengawalnya pergi.KEMENTERIAN PERTAHANAN RUSIA via YOUTUBE Awak pesawat tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai pesawat EP-3E Ares dari Angkatan Udara AS dan mengawalnya pergi.

Kepemiliki pesawat bomber kedua negara ini tak jauh beda. Rusia memiliki 137 buah pesawat, sedangkan AS memiliki 157 pesawat.

Pesawat tempur
Rusia: 1.021 buah
AS: 3.318 buah

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.