Kompas.com - 18/01/2022, 06:10 WIB

KOMPAS.com - Jika kita saat ini menganggap robot-robot canggih sebagai karya yang menakjubkan, hal itu tak sedikit pun mampu menandingi kompleksitas 'mesin' dalam tubuh manusia.

'Mesin' kompleks ini memiliki jutaan proses internal yang terjadi setiap detik, semuanya bekerja sama untuk membuat kita tetap hidup dan sehat.

Misalnya, kulit kita dapat meregenerasi dirinya sendiri untuk menyembuhkan luka potong kertas.

Lidah memungkinkan kita untuk mencicipi pedasnya sambal dan manisnya kue buatan sendiri. Sementara mata kita melihat segala sesuatu mulai dari langit biru hingga jarung kecil.

Tentu hal itu hanya bagian kecil dari jutaan lembaran menakjubkan tubuh manusia. Berikut 11 fakta unik tentang tubuh manusia yang belum banyak diketahui:

Baca juga: Mengapa Rambut Kepala Tumbuh Lebih Panjang dari Bagian Tubuh Lain?

1. Memiliki banyak tulang saat lahir

Mengutip Select Health, banyak orang mungkin berpikir bahwa mereka selalu memiliki 206 tulang dalam tubuh.

Namun, anggapan itu ternyata salah. Saat lahir, manusia dilahirkan dengan 300 tulang dan beberapa di antaranya akan menyatu saat tubuh tumbuh lebih tua dan tinggi.

2. Otot terkuat dan terlemah

Dari 600 otot dalam tubuh manusia, otot terkuat terletak di rahang atau dikenal sebagai otot masseter, sedangkan otot terlemah terletak di tengah telinga atau disebut otot stapedius.

3. Jumlah ludah semasa hidup

Semasa hidup, satu orang rata-rata menghasilkan air liur yang cukup untuk mengisi dua kolam renang.

Baca juga: Berapa Banyak Darah dalam Tubuh Manusia?

4. Tulang terkecil di dalam telinga

Tulang terkecil pada tubuh manusia terletak di dalam telinga. Meski berukuran kecil, manusia tidak akan bisa mendengar tanpa kehadiran tulang-tulang itu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.