Alasan Mengapa Usia 60 Tahun Tak Boleh Menyetir ketika Sunrise dan Sunset

Kompas.com - 17/01/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com -  Para lansia yang sudah berusia 60 tahun ke atas terkadang masih percaya diri berada di belakang kemudi mobil.

Karena merasa tubuh, terutama indera penglihatannya masih berfungsi dengan baik, mereka masih melakukan mobilitas kesana kemari mengendarai mobil sendiri.

Meski berakvititas secara mandiri baik demi mencegah demensia dan berbagai gangguan penyakit karena penuaan, namun risiko cidera karena kecelakaan mobil meningkat seiring dengan peningkatan usia kita.

Ketika tubuh mengalami penuaan, sudah barang pasti akan akan perbedaan dan perubahan dalam sistem motorik tubuh yang bisa mempengaruhi cara kita dalam menyetir mobil.

Melansir dari CDC, hampir setiap hari ada sekitar 700 lansia terluka dalam kecelakaan mobil di Amerika Serikat yang melibatkan kematian pada usia dewasa atau muda.

Baca juga: Kenali 5 Gangguan Tidur pada Lansia dan Cara Mengatasinya

Jangan mengemudi ketika sunrise dan sunset

Ketika Anda sudah menginjak usia 60 tahun dan masih aktif serta mampu mengendarai mobil sendiri, hendaknya Anda tetap memperhatikan "rambu-rambu" yang ada.

Hendaknya Anda tak mengemudikan mobil di kala sunrise atau matahari terbit dan di kala sunset atau matahari terbenam.

Mata lansia mengalami pengecilan pupil sehingga tak tahan terhadap cahaya yang terlalu benderang seperti cahaya matahari di pagi atau sore hari.Unsplash/Takahiro Taguchi Mata lansia mengalami pengecilan pupil sehingga tak tahan terhadap cahaya yang terlalu benderang seperti cahaya matahari di pagi atau sore hari.
Melansir Bestlife, National Institute of Aging (NIA) telah mengeluarkan rambu-rambu larangan lansia mengemudi di waktu sunrise dan sunset, atau di waktu di mana sinar matahari tepat di jalur pandang pengemudi.

Larangan ini dikeluarkan mengingat di usia 65 tahun ke atas, indera penglihatan lansia sudah banyak mengalami kemunduran kualitas sehingga akan mengalami gangguan pandang di waktu-waktu tertentu.

"Gangguan penglihatan karena efek penuaan sangat bisa menyebabkan gangguan mengemudi, terutama di waktu-waktu spesifik seperti sunrise dan sunset," ujar Mark Davis, MD, dokter dari Pacific Analytics.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali 4 Jenis Lensa Kacamata

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.