Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh jika Kita Berhenti Makan Daging

Kompas.com - 17/01/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Daging adalah sumber protein, kalori, kalsium, zat besi dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Seseorang yang memutuskan untuk mengubah pola makannya, atau memutuskan menjadi vegan, maka ia akan kehilangan asupan nutrisi yang biasanya dibawa oleh daging-dagingan.

Apakah ada pengaruh pada tubuh jika kita berhenti makan daging? Apakah tubuh lantas akan kekurangan nutrisi?

Dani Levy-Wollins, ahli gizi dari Thistle and Nourilife, mengatakan bahwa jika kita akan meniadakan daging dalam konsumsi harian, kita harus mempertimbangkan beberapa aspek agar peniadaan nutrisi dari daging tak mengganggu metabolisme tubuh.

Karena pengaruh meniadakan daging dalam konsumsi harian berbeda-beda pada tiap orang, sangat tergantung pada banyak faktor. Mulai dari jenis daging yang biasa dikonsumsi, seberapa sering kita makan daging, dan cara pemasakan daging yang ada.

Baca juga: Benarkah Daging Merah Membahayakan Jantung?

Plus minus berhenti makan daging

Melansir Real Simple, protein hewani tak bisa dikategorikan ke dalam kelompok yang bagus untuk kesehatan maupun kelompok yang bisa membahayakan kesehatan.

Karena daging memiliki plus minus masing-masing, tergantung dari cara pengolahan dan cara pengonsumsian masing-masing orang.

"Daging menyediakan mikronutrien seperti vitamin B, zat besi dan zinc, juga menyediakan protein komplit," ujar Wollins.

Ilustrasi dagingDok. Pexels/ Eiliv Aceron Ilustrasi daging
Protein komplit di sini berupa asam amino lengkap yang bisa menunjang kesehatan, yang tak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga tubuh harus mendapatkannya dari sumber makanan.

Selain dari daging, kita bisa mendapatkan protein komplit ini dari telur, dari sajian yang mengandung susu, dan juga dari berbagai olahan kedelai.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.