Kompas.com - 17/01/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com – Kisah sukses "Ghozali everyday" yang berhasil menjual koleksi foto selfie-nya lewat platform NFT, OpenSea hingga Rp 1,5 miliar mendorong masyarakat Indonesia untuk mengikuti jejaknya.

Warganet pun ramai-ramai mulai menawarkan berbagai gambar di OpenSea, mulai dari foto makanan, hingga foto kartu tanda penduduk (KTP).

Bahkan, unggahan viral adanya masyarakat Indonesia yang menjual foto selfie-nya dengan KTP belum lama ini ramai di media sosial.

Baca juga: Mengenal Apa Itu NFT yang Baru-baru Ini Ramai Dibicarakan Publik

Bahaya jual foto KTP dan selfie dengan KTP

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengingatkan akan adanya bahaya dari tindakan menjual foto dokumen kependudukan.

“Sangat rentan adanya tindakan fraud/penipuan/kejahatan oleh ‘pemulung data’ atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab,” ujarnya sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/1/2022).

Hal ini karena data kependudukan bisa dijual kembali di pasar underground.

Baca juga: Mengenal Apa Itu OpenSea, Pasar Digital untuk Jual Beli NFT

Ilustrasi foto KTP dan selfie KTP dijual di OpenSea.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi foto KTP dan selfie KTP dijual di OpenSea.

Selain itu, menurutnya data tersebut juga rentan untuk disalahgunakan dalam transaksi ekonomi online seperti pinjaman online.

Zudan juga mengingatkan adanya sanksi bagi pihak-pihak yang mendistribusikan dokumen di media online tanpa hak, termasuk pemiliknya sendiri maka bisa terancam pidana selama 10 tahun.

Selain itu juga terdapat denda maksimal Rp 1 miliar rupiah.

"Hal ini diamanatkan dalam Pasal 96 dan Pasal 96A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan," katanya lagi.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Apa Itu NFT

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.