Kompas.com - 16/01/2022, 19:05 WIB
Mengorek telinga dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan kerusakan serius pada lapisan saluran telinga atau gendang telinga. Jadi, jangan gunakan ini sebagai cara mengeluarkan kotoran telinga. FREEPIK/JCOMPMengorek telinga dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan kerusakan serius pada lapisan saluran telinga atau gendang telinga. Jadi, jangan gunakan ini sebagai cara mengeluarkan kotoran telinga.

KOMPAS.com - Kotoran telinga adalah zat berwarna kuning pekat dengan tekstur lengket yang melapisi bagian lubang atau salurannya.

Ia dibuat oleh kelenjar lemak dan kelenjar minyak yang ada di liang telinga.

Keberadaan kotoran telinga atau yang disebut sebagai serumen ini terkadang dianggap mengganggu penampilan seseorang, oleh karenanya biasa dibersihkan dengan berbagai cara.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Obat Tetes Mata, Telinga, dan Hidung Saat Puasa?

Ada yang menggunakan cotton bud, lilin khusus, kain basah, dan sebagainya.

Padahal, serumen tidak perlu seringkali dibersihkan, karena tubuh kita memiliki metode alami untuk mengeluarkannya, meskipun memakan waktu yang tidak instan.

Alasan lain, pada dasarnya kotoran telinga bukanlah kotoran yang harus disingkirkan. Ia adalah zat yang dihasilkan oleh telinga untuk beragam tujuan baik.

Baca juga: Berapa Banyak Darah dalam Tubuh Manusia?

6 Manfaat kotoran telinga

Diketahui, serumen atau kotoran telinga memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita. Apa saja?

1. Menjaga kebersihan telinga

Melansir Very Wealth Health (20/6/2020), fungsi pertama dari serumen atau kotoran telinga adalah menjaga saluran telinga tetap bersih.

Hal ini karena ia mampu menjebak beragam kotoran, seperti debu, sel-sel kulit mati, dan sebagainya agar tidak masuk lebih dalam ke telinga kita.

Jika sudah menempel pada serumen, benda-benda asing itu akan ke luar dari dalam telinga bersamaan dengan keluarnya kotoran telinga.

Baca juga: Berapa Banyak Tulang dalam Tubuh Manusia?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.