Untuk Pelaku Usaha, Cek Prosedur Pengajuan Notifikasi Kosmetika di BPOM

Kompas.com - 12/01/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Sebelum memasarkan dan menjual produk-produk kosmetika, produsen kosmetika harus mengantongi izin edar dengan mengajukan permohonan notifikasi kosmetika di BPOM terlebih dahulu.

Melansir dari laman Instagram resmi BPOM RI, kosmetika sendiri adalah komoditi yang paling banyak didaftarkan di Badan POM pada tiga tahun terakhir. 

Jumlah produk kosmetika yang sudah teregistrasi sendiri cukup banyak, yaitu sejumlah 215.439 buah.

Untuk mendapatkan izin edar, produsen harus mendaftarkan notofikasi kosmetikanya dengan mengikuti Peraturan BPOM Nomor 12 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika.

Baca juga: Cara Memilih Kosmetik yang Aman, Salah Satunya dengan Cek BPOM

Prosedur mengajukan notifikasi kosmetika BPOM

Yang bisa mengajukan permohonan notifikasi adalah industri kosmetika yang berada di wilayah Indonesia, yang sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Juga usaha perorangan atau badan usaha yang bergerak di bidang kosmetika, yang melakukan kontrak produksi dengan industri kosmetika yang berada di wilayah Indonesia .

Selain itu, yang bisa mengajukan notifikasi kosmetika adalah importir yang bergerak di bidang kosmetika yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Melansir dari situs bbpompadang.id, permohonan notifikasi kosmetika melalui tiga tahapan.

Tahap pertama adalah pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi produksi yang bisa dilakukan oleh perorangan atau badan usaha.

Baca juga: BPOM Rilis Daftar Kosmetik yang Mengandung Merkuri, Ini Bahayanya!

Persyaratan untuk memperoleh sertifikat produksi kosmetik golongan A adalah menyiapkan rencana produksi kosmetik dan penanggung jawab teknis paling rendah apoteker.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.