Kompas.com - 12/01/2022, 10:30 WIB
Selain meredakannya dengan obat, radang sendi bisa diringankan dengan pengubahan pola makan. Unsplash/Towfiqu BarbhuiyaSelain meredakannya dengan obat, radang sendi bisa diringankan dengan pengubahan pola makan.

KOMPAS.com - Radang sendi atau arthritis adalah peradangan pada sendi-sendi yang biasanya akan makin memburuk seiring bertambahnya usia.

Gejala radang sendi bisa sangat menyiksa, mulai dari nyeri, ngilu karena pembengkakan, kekakuan, dan rentang gerak yang berkurang atau jadi terbatas.

Obat antiinflamasi adalah yang biasa diberikan kepada penderita radang sendiri, di samping obat pereda nyeri.

Selain mengonsumsi obat, pengubahan pola diet dengan menghindari makanan-makanan yang bisa memicu inflamasi atau peradangan juga bisa sangat membantu meredakan gejala-gejala radang sendi.

Meski penelitian soal kaitan makanan dan radang sendi belum banyak, namun melansir dari Eat This, ilmuwan sangat yakin beberapa jenis makanan bisa memicu pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh terjadi semakin parah.

Elaine Husni, MD, MPH, dari Cleveland Clinic menyarankan agar penderita radang sendi tak mencari sumber makanan yang bisa meredakan peradangan, namun menghindari makanan-makanan yang bisa memicu peradangan.  

Baca juga: Mengenal Osteoarthritis, Radang Sendi yang Bisa Terjadi pada Usia Muda

Berikut ini pola makan yang harus Anda hindari ketika Anda menderita radang sendi:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pabrikan atau kemasan

Makanan kemasan mengandung pengawet yang bisa memicu peradangan.SHUTTERSTOCK/somkhana Makanan kemasan mengandung pengawet yang bisa memicu peradangan.
Hindari kemasan seperti keripik kentang dan biskuit mengandung bahan pengawet yang bisa memicu peradangan.

Jadi untuk penderita radang sendi, pilihlah makanan yang mudah membusuk alias makanan segar yang tak dilengkapi bahan pengawet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.