Kompas.com - 11/01/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan tutorial "menyulap" popok bayi sekali pakai agar bisa digunakan berulang kali, viral di media sosial.

Dalam video itu, seorang ibu membedah popok tersebut dan mengeluarkan gel yang digunakan untuk menyerap kotoran bayi.

"Ini kan sudah bersih, sudah keluar semua yang menggumpal tadi. Sekarang tinggal dibilas pakai sabun biar ndak pesing, baru dijemur sampai kering," kata ibu dalam video.

Setelah itu, ia kemudian memasukkan kain dalam popok itu, sebagai pengganti gel yang dibuang.

Video selengkapnya dapat dilihat di sini: Video tutorial ganti popok bayi sekali pakai bisa digunakan berkali-kali. Bagaimana pendapat dokter?

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Dinding Tebing Runtuh dan Menimpa Wisatawan

Penjelasan dokter

Dokter Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Pakar Hidrasi, Dr dr Bernie Endyarni Medise SpA(K) MPH mengaku kaget dengan adanya video itu.

Menurutnya, mengganti popok sekali pakai untuk digunakan berkali-kali seperti dalam video bisa berdampak buruk pada ibu dan bayi.

Dampak bagi ibu, Bernie menyebut mengeluarkan gel dari popok berpotensi membuat bakteri menempel di tangan.

Padahal setelah itu ia menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan makan keluarga, memandikan anak, dan sejumlah pekerjaan lain. 

"Jadi bisa dibayangkan, dia bisa jadi sumber penularan bakteri jika tangannya tidak bersih. Kita tidak tahu apakah mencucinya benar atau tidak," kata Bernie saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Teether Bayi, Ini Manfaatnya Saat Bayi di Masa Tumbuh Gigi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.