Kompas.com - 11/01/2022, 16:00 WIB
Olahraga bisa mengurangi datangnya efek penuaan seperti keriput. Unsplash/Lucas Van OortOlahraga bisa mengurangi datangnya efek penuaan seperti keriput.

KOMPAS.com - Penuaan tak bisa dihalangi kedatangannya, namun efek dari penuaan bisa dicegah agar tak muncul terlalu dini.

Salah satu efek penuaan yang bisa dicegah adalah munculnya kerutan pada wajah, leher, juga tangan.

Cara untuk mencegahnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga sudah terbukti bisa membuat kulit awet muda.

Melansir dari New York Times, kulit akan semakin berkurang kekenyalannya seiring pertambahan usia. Mendekati usia setengah abad, kulit akan menjadi lebih kering, bersisik, juga keriput.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Usia 50 Tahun yang Bisa Memperlambat Penuaan

Perubahan kulit dari tahun ke tahun

Mulai menginjak usia 40 tahun, kita akan merasakan penebalan stratum korneum atau lapisan epidermis terluar yang bisa terlihat oleh mata.

Ditambah dengan sel-sel kulit mati yang mengelupas dan menumpuk di sana, lapisan teratas ini akan semakin terlihat kering, bersisik dan mudah mengeriput.

Di waktu yang sama akan ada penipisan dermis atau lapisan di bawah stratum korneum. Lapisan ini akan kehilangan sel-sel barunya dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini akan semakin membuat kulit terluar nampak kendor dan jauh dari kencang dan kenyal.

Perubahan ini meski tiba karena usia, namun akan diperparah oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. 

Jadi ada yang sudah menginjak kepala empat dengan kulit masih terlihat kenyal dan kencang, namun ada pula yang sudah memiliki kulit sangat kendur dan keriput.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari yang Mengundang Keriput

Manfaat olahraga bagi kulit

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas McMaster di Ontario Amerika Serikat yang menggunakan binatang tikus sebagai bahan percobaan mendapatkan kesimpulan yang cukup memuaskan. Bahwa olahraga bisa mengurangi atau mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini pada tikus-tikus yang ada.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.