Kompas.com - 08/01/2022, 16:05 WIB
Salah memilih jenis lensa kacamata bisa menyebabkan ketidaknyamanan indera penglihatan. Unsplash/Em-MSalah memilih jenis lensa kacamata bisa menyebabkan ketidaknyamanan indera penglihatan.

KOMPAS.com - Jenis lensa kacamata yang sering digunakan masyarakat kebanyakan ada empat, masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri. 

Mengenal jenis-jenis lensa sangat penting. Sehingga nantinya Anda bisa memilih lensa yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan mata.

Ketika Anda salah memilih lensa, maka kenyamanan indera penglihatan adalah yang dipertaruhkan.

Selain gangguan mata tak teratasi, ada risiko muncul gangguan mata lebih parah karena pemakaian kacamata yang kurang tepat.

Baca juga: 6 Gangguan Mata Usia 40 Tahun ke Atas dan Cara Menanganinya

Jenis-jenis lensa kacamata

Jenis lensa pertama disebut lensa tunggal atau single vision lens. Lensa ini hanya memiliki satu titik fokus saja, biasanya lensa ini digunakan untuk kacamata miopi atau negatif, kacamata hipermetropi atau positif dan kacamata silindris. 

Kacamata jenis ini cocok untuk Anda yang hanya memiliki satu jenis kelainan mata saja, seperti mata minus, mata plus atau mata silindris.

Jenis kedua adalah lensa bifokal, yaitu lensa yang memiliki dua titik fokus. Lensa ini digunakan untuk membantu penglihatan jauh juga dekat.

Ada empat jenis lensa kacamata yang tersedia di pasaran, pilih sesuai kebutuhan.Unsplash/Dayne Topkin Ada empat jenis lensa kacamata yang tersedia di pasaran, pilih sesuai kebutuhan.
Lensa bagian atas memiliki fokus untuk penglihatan jarak jauh. Sedangkan lensa bagian bawah, memiliki titik fokus yang bisa digunakan membaca jarak dekat atau mengatasi gangguan mata plus.

Jenis lensa ketiga adalah lensa progresif. Lensa ini juga memiliki lebih dari satu titik fokus.

Bedanya dengan bifokal, lensa progresif tak memiliki garis pembatas pada lensa yang memiliki titik fokus untuk penglihatan jauh dan titik fokus penglihatan jarak dekat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.