BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Ketahui Isu Perubahan Iklim dan Edukasi Finansial, Yuk Tonton Lagi Jenius Co.Creation Week 2021

Kompas.com - 07/01/2022, 19:37 WIB
|

KOMPAS.com – Perubahan iklim akibat pemanasan global menjadi isu serius yang dihadapi seluruh negara di dunia.

Pasalnya, perubahan iklim berdampak buruk bagi penduduk bumi. Gelombang panas, cuaca ekstrem, dan bencana hidrometeorologi merupakan beberapa di antaranya.

Oleh karena itu, para pemangku kepentingan di seluruh dunia diharapkan menerapkan berbagai kebijakan penting untuk menurunkan suhu bumi agar tidak mencapai ambang batas kenaikan 1,5 derajat Celcius pada 2030.

Demi mewujudkan hal tersebut, masyarakat dunia, termasuk para generasi muda, diajak berkolaborasi untuk menemukan solusi terbaik dan bekerja sama dalam mencapai target tersebut.

Baca juga: Baca juga: Bangkitkan Jiwa Kreativitas Masyarakat Indonesia, Jenius Gelar Co.Creation Week 2021

Lantas, langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh generasi muda untuk mengurangi dampak perubahan iklim?

Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu bisa menonton conference Co.Creation Week (CCW) 2021 yang diselenggarakan oleh Jenius dari Bank BTPN dengan topik “Born Activist: Dealing with the Eco-anxious Generation” bersama aktivis lingkungan Melati Riyanto Wijsen.

Secara garis besar, conference tersebut membahas soal perubahan iklim dan kaitannya dengan eco-anxious generation. Selain itu, pembicara juga membagikan langkah serta aksi kecil yang bisa dilakukan untuk berkontribusi terhadap isu perubahan iklim.

Selain topik perubahan iklim, kamu juga bisa mengikuti conference lainnya yang membahas tentang edukasi finansial bertajuk “Re.Creation to Co-create: Humanizing Life Finance”. Sesi ini menghadirkan perwakilan tim Jenius, Irwan Tisnabudi dan Waasi Sumintardja, serta nasabah Jenius yang telah menjadi Co.Creator selama tiga tahun, yakni Wahyu Pratomo.

Baca juga: Lima Tahun Tumbuh Bersama Masyarakat Digital Indonesia, Jenius Gaungkan Semangat Kokreasi

Pada sesi tersebut, kamu bisa belajar lebih dalam mengenai pengelolaan finansial yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi penting mengenai bocoran fitur terbaru Jenius yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan finansial harian.

Jenius Conference pada CCW 2021 tidak hanya menghadirkan konferensi dengan topik perubahan iklim dan finansial. Masih ada tiga topik menarik lain yang bisa kamu ikuti.

Ketiganya adalah “Recreating The Art Ecosystem: The NFT Story” yang membahas fenomena non-fungible token (NFT), “The Social Engineering Dilemma of Data Privacy” mengenai pentingnya menjaga data pribadi, dan “Recreating the Way We Work” yang akan fokus membahas sistem kerja work from anywhere (WFA).

Untuk menyaksikan seluruh topik conference CCW 2021 secara gratis, kamu bisa mengakses laman ccw.cocreate.id/conference.

Selain Jenius Conference, kamu juga bisa mengikuti rangkaian program Jenius Talks yang menghadirkan berbagai topik menarik. Gelaran Jenius Talks tahun ini terbagi menjadi dua jenis penyelenggaraan, yakni secara online dan hibrida (online dan offline).

Pada penyelenggaraan secara online, kamu bisa mendengar perbincangan bersama Gita Wirjawan dengan topik “Proud Indonesian: What Is Your Endgame?”. Di sesi ini, kamu bisa mengetahui perspektif Gita Wirjawan dalam melakukan perubahan bagi Indonesia lewat podcast Endgame miliknya.

Kemudian, ada juga Talks dengan topik “Discover the 2022 Investment Trend” yang membahas instrumen investasi dan “Standing Up Against the Dark Side of Netizen” yang membagikan perspektif dalam menyikapi perilaku negatif di dunia digital.

Selain digelar secara online, CCW 2021 juga diselenggarakan secara hibrida yang bertempat di Jogja National Museum (JNM) Bloc. Untuk diketahui, ini merupakan acara hibrida pertama yang dilakukan oleh Jenius Co.Create.

Setelah sukses diselenggarakan pada 6-10 Desember, kamu masih bisa menyaksikan acara bincang-bincang tersebut pada laman ccw.cocreate.id/talks.

Beberapa topik lain yang bisa kamu tonton adalah “The Value of Investing for Your Life in the Long Run” yang membahas pentingnya berinvestasi dan “Recreating How People Interact and Hangout Amidst Pandemic” tentang perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

Terakhir, Jenius Talks menghadirkan topik ”NFT: Potential Recreation of Indonesia's Digital Art” yang mengupas tentang cara kerja dan keuntungan NFT.

Perlu diketahui bahwa seluruh rangkaian acara CCW 2021 bisa ditonton kembali kapan pun secara cuma-cuma di laman ccw.cocreate.id.

Semoga dapat menginspirasi, ya!


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.