Kompas.com - 07/01/2022, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Dubai tak henti-hentinya membuat takjub semua orang dengan kemewahan dan deretan rekor dunia yang mereka ciptakan.

Rekor dunia paling terkenal di Dubai adalah Burj Khalifa, bangunan pencakar langit tertinggi di dunia yang hingga kini belum tertandingi.

Namun, Burj Khalifah bukan satu-satunya rekor dunia Dubai. Kota itu juga memiliki rekor lain, termasuk taman bunga terbesar di dunia, kolam renang terdalam dunia, dan kolam air mancur terbesar dunia.

Tak heran, Dubai jadi salah satu kota paling banyak dikunjungi dunia.

Lantas, bagaimana sejarah Dubai hingga bisa menyulap kota nelayan kecil menjadi kota megah?

Baca juga: Sejarah Cappadocia, Saksi Bisu Kehidupan Era Byzantium

Sejarah Dubai

Cakrawala kota dengan latar belakang Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, dibingkai oleh patung flamingo saat matahari terbenam di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa, 15 Oktober 2019.AP/KAMRAN JEBREILI via VOA INDONESIA Cakrawala kota dengan latar belakang Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, dibingkai oleh patung flamingo saat matahari terbenam di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa, 15 Oktober 2019.
Melansir Visit Dubai, laman yang dikelola oleh Kementerian Ekonomi dan Pariwisata Dubai, penyebutan Dubai paling awal tercatat pada 1095 oleh ahli geografi Andalusia Abu Abdullah Al-Bakri.

Catatan lain juga terdapat dalam jurnal pedagang mutiara Venesia, Gaspero Balbi, berasal dari 1580 ketika ia mengunjungi daerah itu untuk perdagangan mutiara.

Saat itu, mata pencaharian masyarakat sekitar bergantung pada penangkapan ikan, penyelaman mutiara, pembuatan perahu, dan penyedia akomodasi untuk para pedagang yang melintas.

Tonggak sejarah berikutnya tercatat pada 1793, ketika suku Bani Yas menetap dengan kekuatan politik di Abu Dhabi dan Dubai.

Beberapa catatan juga menunjukkan bahwa Dubai merupakan kota bertembok di awal 1800-an.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.