Kompas.com - 07/01/2022, 07:05 WIB
Persyaratan SKCK, cara membuat SKCK, dan cara perpanjang SKCK untuk pemberkasan CPNS 2021. Dok. Sudin Kominfotik JakselPersyaratan SKCK, cara membuat SKCK, dan cara perpanjang SKCK untuk pemberkasan CPNS 2021.

KOMPAS.com - Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama memberikan penjelasan terkait ramainya unggahan soal adanya informasi perihal penempatan peserta lulus calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 yang disebutkan akan diacak.

Satya menegaskan, penempatan peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir penerimaan CPNS 2021 akan ditempatkan sesuai dengan pilihan masing-masing peserta.

"Sesuai pilihan, sesuai pilihan masing-masing peserta," ujar Satya kepada Kompas.com, Kamis (6/1/2021).

Baca juga: Cara Membuat SKCK untuk Pemberkasan Peserta Lulus Tahap Akhir CPNS 2021

Sebagaimana diberitakan, sebuah unggahan yang membahas tentang penempatan peserta lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 disebutkan diacak ramai di media sosial.

Unggahan tersebut diunggah oleh akun ini di grup Facebook Seputar CPNS dan PPPK 2021 pada Selasa (4/1/2022).

"Gimana yang sudah penempatan cpns badan pusat statistik kenapa penempatannya harus diacak padahal nilai mya tinggi dan cewek tapi malah penempatannya di madura yang notabane nya riskan buat anak cewek sedangkan cowok cowok yang nilai nya biasa mereka malah ditempatkan di kota kota besar seperti malang surabaya trenggalek dll," demikian tulis pemilik akun.

Baca juga: Bolehkah PNS Berambut Gondrong? Simak Penjelasan BKN

Lebih lanjut, Satya mengatakan dengan kota tujuan yang telah dipilih pelamar atau peserta CPNS 2021 artinya mau tidak mau peserta yang bersangkutan harus menerimanya.

"Pilihan mereka sendiri, dan (akan) tandatangan pernyataan untuk tidak minta pindah atau mutasi," katanya lagi.

Adapun jangka waktu tidak diperkenankan pindah atau mutasi tersebut, imbuhnya akan tergantung dari surat pernyataan masing-masing instansi.

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Sanksi peserta CPNS apabila mengundurkan diri

Mengutip Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 Tahun 2021, para peserta yang dinyatakan lulus diminta untuk membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang sudah dipilih.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.