Bau Mampu Mengembalikan Kita pada Kenangan Lama, Begini Penjelasannya

Kompas.com - 06/01/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.comBau atau aroma khas bisa seketika mengembalikan ingatan kita ke kejadian atau kenangan lama yang sudah lama tidak kita ingat-ingat lagi.

Semisal bau bakaran kue brownies yang bisa mengingatkan kita akan kedai roti kecil di Jalan Braga Bandung, atau bau ikan panggang yang bisa mengingatkan kita akan kenangan ketika berlibur di Bali bersama keluarga.

Aroma dan bau-bauan khas memang bisa mengingatkan kita akan kenangan lama yang seringnya berbau emosional, entah bahagia, kecewa, atau patah hati.

Mengapa bisa demikian?

Baca juga: Beberapa Tanda Anak Anda Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata

Kaitan aroma dan ingatan emosional

Melansir dari Live Science, ada penjelasan ilmiah mengapa bau bisa mengembalikan kenangan lama.

Hal ini lantaran area otak yang memproses bau, ingatan dan emosi, masing-masing terkait erat satu sama lain.

Bau atau aroma sendiri berasal dari partikel kimia yang mengambang di udara dan masuk ke dalam cuping hidung kita dan kemudian masuk ke dalam otak melalui olfactory bulb.

Olfactory bulb adalah "kurir" yang mengirim informasi tanpa henti dari hidung ke otak. Dan kelembaban di dalam hidung berfungsi membantu olfactory bulb.

Kelembaban pada hidung bertugas mengubah partikel kimia bau menjadi cairan sehingga lebih mudah diolah dan diproses oleh olfactory bulb.

Nah di dalam otak, informasi dari olfactory bulb ini akan diterima oleh amigdala dan disampaikan ke area khusus di dalam otak yang bertugas memproses emosi, kemudian dihantar juga melewati hippocampus atau area otak yang memproses informasi.

Baca juga: Kerap Alami Lupa Ingatan secara Tiba-tiba? Mungkin Ini Beberapa Sebabnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.