Ini Alasan Ilmiah Mengapa Sarapan Bubur Bikin Cepat Lapar

Kompas.com - 06/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Sarapan bubur memang nikmat, namun hanya selang beberapa jam setelahnya, perut bisa dipastikan akan kembali keroncongan.

Padahal, bubur yang kita konsumsi sudah dalam porsi yang cukup besar. Namun belum sampai tiba makan siang, perut sudah menuntut asupan makanan secara berlebihan. 

Apakah makan bubur memang membuat perut cepat lapar? 

Hampir mereka yang memilih sarapan bubur akan mudah lapar dibanding mereka yang sarapan dengan sepiring nasi beserta lauk pauknya.

Hal ini hampir dialami oleh semua orang, baik laki-laki maupun wanita.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Plus Minus Sarapan Buah Pisang

Mengapa sarapan bubur membuat cepat lapar

Melansir dari The Sun, bubur terdiri dari banyak sekali karbohidrat. Dan karbohidrat akan dirombak tubuh menjadi glukosa yang masuk ke dalam aliran darah dan menaikkan level gula dalam darah.

Semakin cepat gula dalam darah naik, akan semakin cepat pula gula dalam darah merosot drastis. Hal inilah yang membuat kita jadi cepat lemas dan lapar seakan tak bertenaga.

Proses pemasakan bubur yang sangat lama bisa menaikkan indeks glikemik, inilah yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah kita.Unsplash/Deryn Macey Proses pemasakan bubur yang sangat lama bisa menaikkan indeks glikemik, inilah yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah kita.
Bubur biasanya hanya dilengkapi dengan sedikit lauk dan sayuran, sehingga karbohidrat yang ada sangat tinggi dengan serat dan protein yang sangat rendah.

Semakin banyak serat yang masuk ke saluran cerna, akan semakin lama proses pencernaan makanan yang terjadi. Dan hal ini akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. 

Nah karena bahan pelengkap bubur biasanya "miskin" akan serat, maka proses perombakan makanan pun akan terjadi lebih cepat. Efeknya, kita menjadi lebih mudah lapar dalam waktu singkat.

Baca juga: Menu Sarapan Sehat untuk Tubuh yang Tengah Sakit

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.