Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Mudah Lelah, Benarkah karena Kurang Vitamin D? Ini kata Dokter

Kompas.com - 05/01/2022, 20:53 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi ungkapan warganet soal konsumsi vitamin dan kondisi badan yang mudah lelah, ramai dibahas di Twitter, Senin (3/12/2021).

Unggahan tersebut menyoroti kebiasaan masyarakat yang dinilai menurutnya kurang terlalu peduli dengan menjaga kesehatan. 

"Tipikal warga endonesyah banget, kita tuh gak aware sama kesehatan dan gak mau rugi buat invest ke kesehatan kaya vitamin gitu 2beer!" tulis akun Twitter ini.

Adapun twit tersebut menimpali isi dari twit yang ditulis oleh akun Twitter lainnya.

Disebutkan oleh akun twitter tersebut merasa badannya mudah lelah dan ingin dipijat terus. Ia menduga kondisi badan yang lemah tersebut karena kekurangan vitamin D.

Benarkah badan mudah lelah karena kekurangan vitamin D?

Baca juga: Dua Daerah di Jawa yang Tak Memiliki Kasus Covid-19, Mana Saja?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Komprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi mengatakan seseorang yang kekurangan vitamin D biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala tertentu. 

"Kekurangan vitamin D tidak berasa apa-apa. Enggak ada, jadi kadang-kadang orang pas kadar vitamin D-nya rendah sekali itu tidak ada gejala apa-apa sampai kadar 70 (nanogram per milimeter)," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Sementara untuk ungkapan warganet yang mengaku badannya mudah lelah dan selalu ingin dipijat, dia menduga hal tersebut karena orang tersebut sedang dalam kondisi masuk angin. 

"Kalau kata saya, penyebabnya mungkin masuk angin ya, atau memang dia tidak bugar, jadi apa yang harus dilakukan, bukan karena kekurangan vitamin D," lanjut dia.

Selain itu, tanda badan mudah letih juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan makanan yang kurang baik, dan jarang berolahraga.

Ia menambahkan, orang yang rutin berolahraga, tidak hanya badan menjadi fit dan bugar, tetapi bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca juga: 3 Alasan BlackBerry Kalah Bersaing dengan Android dan iPhone

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com